Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH PKBI: Waspadai Virus HIV Jangan Musuhi Orangnya

PKBI: Waspadai Virus HIV Jangan Musuhi Orangnya

Komentar Dinonaktifkan pada PKBI: Waspadai Virus HIV Jangan Musuhi Orangnya
0
227

Kuala Kapuas, Mursalim fasilitator PKBI Daerah Kalteng menyampaikan bahwa kasus HIV-AIDS di Kalimantan Tengah pada tahun 2017 sudah mencapai 1.000 kasus. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Pertemuan Kader PKK Desa Sei Asam – Kapuas Hilir, hari ini tanggal 16 April 2018 di Kantor Desa.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, dalam kegiatan yang diikuti oleh Kader PKK Desa Sei Asam tersebut, Mursalim mengatakan berdasarkan standar WHO dimana dijumpai satu kasus HIV-AIDS maka diduga ada seratus orang yang sudah terdampak.

Pada tahun 2015 diduga ada 3.500 kasus di Kalteng, dan pada tahun 2017 tercatat ada 1.000 kasus positive HIV-AIDS. Artinya diduga ada 100.000 orang sudah terkena dampak dari penyakit HIV.

Kasus tersebut terdapat di Palangka Raya dan Sampit, dari dugaan empat kota terdampak yaitu Palangka Raya, Sampit,Katingan dan Pangkalan Bun.

Oleh Karena itu, sejak tahun 2010 PKBI yang bergerak dalam bidang Kesehatan Reproduksi, Ibu dan Anak, juga KB, melakukan kegiatan penyuluhan untuk pencegahan Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV-AIDS. Kepada populasi kunci yaitu PSK, LSM, Pengguna Narkoba Suntikan.

Celebesnews.id – Masrawan Kepala Desa Sei Asam (kiri), M.Aini Ketua BPD (Tengah), menyimak penjelasan Mursalim Fasilitator PKBI Kalteng. | Foto Kristanto

Dalam kesempatan yang sama Masrawan Kepala Desa Sei Asam mengharapkan Kader PKK dapat memahami dengan benar mengenai penyakit HIV, jangan setengah setengah. Dan kemudian dapat mengajak masyarakat untuk berhati hati dalam berperilaku, mawas lingkungan, menjaga kesehatan.

Demikian juga hal nya Ketua BPD M.Aini meminta masyarakat untuk menjaga perilaku kehidupan dan selalu menghindari dan mencegah tertular HIV-AIDS.

Yang mengejutkan adalah pernyataan dari PKBI bahwa PSK bukanlah penyebar Virus HIV, mereka justru rentan sebagai penerima. Penyebar virus HIV didominasi oleh laki laki yang sering bertukar pasangan. [Celebesnews.id]

Penulis : Kristanto

Comments are closed.

Check Also

Rapat Pleno Terbuka KPU Kab.Kapuas Tetapkan Bupati Terpilih 2018-2023

KUALA KAPUAS – KPU Kapuas melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati – …