Home PROVINSI SULUT Masengi Soroti Program Pengembangan Bibit Padi Varietas Unggul Sulut

Masengi Soroti Program Pengembangan Bibit Padi Varietas Unggul Sulut

Komentar Dinonaktifkan pada Masengi Soroti Program Pengembangan Bibit Padi Varietas Unggul Sulut
0
245

MANADO, Legislator Sulut, Edison Masengi menyoroti program pengembangan bibit padi varietas unggul Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Dalam rapat pansus pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulut tahun 2017, Legislator Sulut, Edison Masengi sempat menyoroti kinerja Kadis Pertanian dan Peternakan, Novly Wowiling.

“Dengan anggaran Rp 50 miliar lebih di Dinas, Rp 37,6 miliar Belanja tidak langsung, tapi kenapa petani masih susah menemukan pupuk? Pupuk langka. Dianggaran juga saya lihat ada Rp 1,1 miliar untuk pengembangan bibit padi varietas unggul, tapi padi yang dihasilkan masih kalah dengan di Jawa dan daerah lainnya. Kami tidak melihat hasil program itu,” tanya anggota Pansus LKPJ, Edison Masengi usai Kadis Pertanian dan Peternakan, Novly Wowiling memaparkan penggunaan anggaran di OPD yang dipimpinan, Jumat (13/04/2018) sore.

Selain itu, mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Sulut ini juga sempat menyentil besarnya penggunaan anggaran di Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA). “Penggunaan anggaran untuk sekolah ini juga sangat besar. Berapa banyak siswanya? Apa yang sudah dihasilkan lulusannya,” tanya Masengi lagi.

Sebelumnya, secara singkat Wowiling membeberkan penggunaan anggaran di OPD yang di pimpinnya. “Di Dinas Pertanian dan Peternakan mendapatkan anggaran APBD 2017 sebesar Rp 50.947.832.685. Dari anggaran itu, Belanja Tidak Langsung (BTL) sebesar Rp 37,6 miliar. Untuk Belanja Langsung (BL) Rp 13 miliar lebih. Realisasi BTL sebesar 97,30 % dan BL 90%. Ada 14 program di dinas induk,” jelas Wowiling.

Untuk penggunaan APBD, menurut Wowiling difokuskan pada pengembangan peternakan (ayam buras, dll ), Holtikultura (Cabe, dll) dan Tanaman pangan (Padi, dll). [celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Olly Dondokambey Terima Investasi Rp 2 Triliun, Sulut Akan Miliki Disneyland

MANADO, Provinsi Sulawesi Utara dalam waktu dekat dipastikan akan memiliki lokasi wisata k…