Home CAKRAWALA Taufik: UU MD3 Akan Tetap Berlaku

Taufik: UU MD3 Akan Tetap Berlaku

Komentar Dinonaktifkan pada Taufik: UU MD3 Akan Tetap Berlaku
0
85

JAKARTA – Batas waktu penandantanganan Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) oleh Presiden Joko Widodo berakhir hari ini, Rabu (14/3/2018). Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan memastikan, sebagaimana UU Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, kendati UU itu belum ditandatangani Presiden selama 30 hari, UU itu akan tetap berlaku.

CELEBES NEWS “Hari ini, setelah 30 hari UU MD3 disahkan di Parpiruna, merupakan batas penandatanganan UU MD3 oleh Presiden. Namun sepertinya belum ada kabar Presiden menandatangani UU itu. Walaupun begitu, secara aturan perundang-undangan, UU MD3 akan tetap berlaku,” kata Taufik di Komplek Parlemen Senayan, Rabu (14/3/2018) sore.

Di sisi lain, lanjut Taufik, terkait adanya usulan agar Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), hal itu merupakan hak konstitusional Presiden. Namun menurut dia, hal itu dirasa sesuatu yang tidak perlu. Ia lebih menyarankan, jika ada pasal dalam UU MD3 yang tidak sesuai dengan keinginan publik, dapat dilakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dengan batas penandatangan UU MD3 yang sudah habis ini, berarti UU MD3 sudah berlaku. Namun jika memang dirasa ada pasal-pasal yang bertentangan dengan hati nurani masyarakat, bisa dilakukan uji materi ke MK. Rasanya, Presiden tidak perlu mengeluarkan Perppu,” tandas politisi PAN tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Seusai Asian Games, Wagub DKI Mengusulkan Wisma Atlet Jadi Rusun

JAKARTA, Wisma Atlet dibangun di atas lahan seluas 10,6 hektar dan memakan anggaran sebesa…