Home CAKRAWALA Koperasi Diharapkan Mampu Menjadi Bisnis Ritel Modern

Koperasi Diharapkan Mampu Menjadi Bisnis Ritel Modern

Komentar Dinonaktifkan pada Koperasi Diharapkan Mampu Menjadi Bisnis Ritel Modern
0
257

JAKARTA – Koperasi diharapkan mampu menguasai bisnis ritel modern di Indonesia sebagaimana banyak koperasi di negara maju.

CELEBES NEWS Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/3/2018), mengungkapkan bahwa sudah begitu banyak bukti yang menunjukkan koperasi mampu mendominasi bisnis ritel di negara maju seperti Inggris.

“Hal itu pun bisa terjadi di Indonesia, karena bisnis ritel merupakan bagian dan peluang usaha bagi perkembangan kinerja koperasi. Dan koperasi juga merupakan pusat kegiatan segala unit usaha,” kata Prakoso.

Prakoso mengatakan dalam sejarahnya, koperasi di Indonesia banyak yang sukses mengelola waserda atau warung serba ada.

Hanya saja dalam perkembangannya, waserda koperasi tidak mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga ketika banyak peritel modern masuk ke Indonesia, banyak waserda koperasi justru gulung tikar.

Oleh karena itu pihaknya berharap warung-warung serba ada milik koperasi kembali ditata dan dikelola dengan lebih profesional agar bisa menjadi tempat yang nyaman bagi orang berbelanja.

“Saya berharap banyak warung ritel milik koperasi diprofesionalkan. Barang-barang bisa tertata dengan baik, manajemen keuangannya juga tertata rapi, sampai harga barang yang kompetitif,” ujar Prakoso.

Di samping itu, Prakoso juga berharap agar bisnis ritel ini dikelola secara disiplin dan fokus. Sebab, bisnis ritel merupakan bisnis yang unik, spesifik, dan rumit.

“Harus bisa membedakan mana uang usaha dan mana uang pribadi. Banyak bisnis ritel bangkrut karena tidak disiplin dalam mengelola uang usaha dan uang pribadi,” jelas Prakoso. [celebesnews.id]

Penulis : Ajie

Comments are closed.

Check Also

Eko Subowo Dilantik Menjadi Penjabat Gubernur Sumut

MEDAN – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Jum’at (22/6/2018) pagi secara resm…