Home CAKRAWALA Kendala Pilkada di Papua Masalah KTP Elektronik

Kendala Pilkada di Papua Masalah KTP Elektronik

Komentar Dinonaktifkan pada Kendala Pilkada di Papua Masalah KTP Elektronik
0
162

JAKARTA, Kendala e-KTP sudah dikoordinasi oleh stakeholder, dan sedang dicari solusi kendala e-KTP di Papua.

CELEBES NEWS Kapolri Jenderal Tito Karnavian memaparkan kendala di pemilihan gubernur (Pilgub) Papua 2018 adalah perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kendala tersebut sudah dikordinasikan kepada pihak-pihak terkait.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait yaitu TNI, Pemda, Kemendagri, Bawaslu, Panwaslu, Kominfo. Rapat dilakukan bersama, dipimpin Menko Polhukam (Wiranto) untuk menyamankan persepsi apa saja permasalahan-permasalahan yang kita temui. Diinventarisir dan setelah itu kita upayakan selesaikan,” jelas Kapolri dalam rapat kerja dengan Komisi III, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/201).

Tito menjelaskan, tengah dicarikan solusi terkait perekaman e-KTP di Papua. “e-KTP di Papua, karena menurut undang-undang, pemilih sah kalau dia punya e-KTP. Bagaimana dengan Papua? Ini sedang dicarikan solusi,” ujar Tito.

Tito mengatakan Polri akan menggelar Apel Kasatwil pada Mei mendatang untuk mengecek kesiapan-kesiapan masing-masing pasangan calon di masing-masing daerah sebelum berlaga di Pilkada Serentak 2018. Mantan Kapolda Papua itu mengaku dari segi keamanan, aparat diuntungkan karena masa kampanye yang dinilai dia cukup panjang yaitu selama 4 bulan.

“Awal Mei kami akan lakukan Apel Kasatwil untuk melihat kesiapan terakhir paslon-paslon. Kita beruntung, masa kampanye berlangsung cukup panjang dari Februari sampai Juni, empat bulan,” kata Tito.

Dengan lamanya masa kampanye, Tito berpendapat aparat keamanan akan lebih mudah mengatur dan dinamika Pilkada terurai.

“Sehingga dengan masa kampanye yang panjang relatif mengaturnya lebih mudah dan dinamikanya tidak terfokus. Apalagi dengan adanya IT, media sosial ini bisa juga jadi saluran melakukan kampanye dan mengurangi teknik kampanye mobilisasi massa yang rawan konflik,” tandas Tito. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Mantan Kapolda Jatim Didapuk TKN Jokowi-Ma’ruf Amin

SURABAYA, Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengatakan, kebijakan …