Home CAKRAWALA Implementasi Teknologi Perlindungan TKI, DPR Akan Panggil Para Stakeholder

Implementasi Teknologi Perlindungan TKI, DPR Akan Panggil Para Stakeholder

Komentar Dinonaktifkan pada Implementasi Teknologi Perlindungan TKI, DPR Akan Panggil Para Stakeholder
0
115

JAKARTA, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa dalam waktu dekat Timwas TKI DPR RI akan mengundang para stakeholder seperti Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), juga pihak Kemenlu. Hal ini berkaitan dengan penerapan UU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI) yang kini juga menggunakan teknologi untuk perlindungan TKI.

CELEBES NEWS “Dalam waktu dekat akan kami panggil para stakeholder. BNP2TKI juga Kemenlu. Agar implementasi UU ini bisa optimal melindungi TKI kita di Luar Negeri. Apalagi, UU baru ini memiliki teknologi proteksi yang lebih tinggi sehingga kalau ada apa-apa terhadap mereka, mereka tahu bagaimana caranya. Dan nanti banyak efeknya, termasuk menurut saya ya, kita harus menyiapkan sistem proteksi berbasis kepada instrumen digital, karena saya tahu relatif para TKI kita sudah punya handphone” kata anggota DPR asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Sistem proteksi berbasis digital ini, menurut Fahri sangat bermanfaat bagi para pekerja migran. “Mereka wajib untuk menanamkan chip proteksi pekerja migran di dalam handphone mereka. Nah teknologi seperti chip ini harus mulai kita implementasikan,” kata Fahri.

Disisi lain dia sangat ingin implementasi teknologi proteksi tersebut segera bisa terlaksana. Mengingat hal tersebut bisa memberikan perlindungan berlapis bagi para TKI, selain aturan perundangan yang ada. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Seusai Asian Games, Wagub DKI Mengusulkan Wisma Atlet Jadi Rusun

JAKARTA, Wisma Atlet dibangun di atas lahan seluas 10,6 hektar dan memakan anggaran sebesa…