Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Festival Seni Budaya Daerah, “Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2018”

Festival Seni Budaya Daerah, “Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2018”

Komentar Dinonaktifkan pada Festival Seni Budaya Daerah, “Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2018”
0
333

KUALA KAPUAS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Rianova membuka secara resmi, Festival Seni Budaya Daerah Tingang Menteng Panunjung Tarung Kapuas Tahun 2018, ditandai dengan pemukulan gong.

CELEBES NEWS – Sebanyak 16 sanggar tari daerah dan 29 peserta perorangan menyanyi “Karungut” yang terdiri dari 15 putera dan 14 putri berkompetisi unjuk kemampuan dan bakat dalam festival budaya daerah “Tingang Menteng Panunjung Tarung” tahun 2018, Selasa (13/3/2018) bertempat di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Kuala Kapuas. Festival ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova, SH mewakili Pjs Bupati Kapuas.

Ketua Panitia Festival yang juga Sekretaris Dinas Budaya Pemuda dan Olah Raga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas H Sapwani, menjelaskan kalau festival ini rutin diadakan sebagai sarana bagi generasi muda mengasah kemampuan dan bakat seninya,
“Cintai seni budaya daerah sebagai wujud pelestarian budaya bangsa, karena ini adalah asset seni bagi kita,” ucap Ketua Panitia Festival.

Celebesnews.id – Peserta Festival Budaya Daerah, Kabupaten Kuala Kapuas | Foto Celebes News (Iwan)

Sekretaris Daerah Rianova, menyampaikan pesan dengan adanya festival ini yang merupakan ajang berkompetisi sekaligus juga menjadi sarana untuk saling mengenal budaya daerah, misalkan seni menyanyi lagu daerah “Karungut” yang memiliki gaya dan irama serta musik yang khas kecapi, semua kita dan generasi muda menjadi mengenalnya, dan jangan ditinggalkan budaya khas daerah ini ditengah maraknya berbagai seni modern yang ada.

“Harapan kita, dengan ajang ini akan melahirkan perwakilan daerah kita memajang yang lebih tinggi di tingkat Provinsi misalnya, bahkan Nasional, dan seterusnya,” harap Rianova.

Berikut pemenang dalam Festival Seni Budaya Daerah Kabupaten Kuala Kapuas :
Juara 1 : Sanggar Tari SMP Negeri 1 Selat asuhan Erliansyah Narpan Apoi
Juara 2 : Sanggar Majar Anak Tabela SMA Negeri 2 Sekat Asuhan Chandra
Juara 3 : Sanggar Majar Anak Tabela SMA Negeri 2 Sekat Asuhan Chandra
[celebesnews.id]

Penulis    :  Iwan

Comments are closed.

Check Also

Rapat Pleno Terbuka KPU Kab.Kapuas Tetapkan Bupati Terpilih 2018-2023

KUALA KAPUAS – KPU Kapuas melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Bupati – …