Home CAKRAWALA EKONOMI Ekonom: Pemerintahan Jokowi Harus Menjalankan Ekonomi Jalan Baru

Ekonom: Pemerintahan Jokowi Harus Menjalankan Ekonomi Jalan Baru

Komentar Dinonaktifkan pada Ekonom: Pemerintahan Jokowi Harus Menjalankan Ekonomi Jalan Baru
1
262

JAKARTA, Pembangunan ekonomi Indonesia tidak mengedepankan utang, tapi berbasis pendapatan, dengan mengandalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

CELEBES NEWS – Pakar Pembangunan ekonomi Hasudungan Sihombing mengingatkan Pemerintahan Joko Widodo agar hati-hati dalam pembangunan Indonesia tidak mengandalkan berbasis utang, sebaliknya lebih mengedepan pembangunam sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Has, panggilan Hasudungan Sihombing menuturkan, pergantian kepemimpinan selama ini tidak ada langkah terobosan yang visioner untuk membangun Indonesia ke depan tanpa utang.

“Pemerintahan Jokowi harus hati-hati sekali bila ingin membangun ekonomi Indonesia ini, tidak mengandalkan utang, sementara kemampuan membayar rendah, akhirnya gali lubang tutup lubang. Ini sangat merugikan rakyat ke depannya karena akan membebani ke depannya, ” kata Hasudungan, dalam wawancara di salah satu radio swasta, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Menurut Hasudungan, Indonesia harus mampu membangun ekonomi tanpa mengadalkan utang. Sebaliknya, mampu meningkatkan pembangunan ekonomi berbasis sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia.

“Pemerintah ini sudah mampu berpikir ke depan membangun ekonomi tanpa utang 20 tahun ke depannya, tapi bagaimana meningkatkan pendapatan dari sumber daya yang dimiliki,” ujar Hasudungan.

Menurut Hasudungan, Pemerintah harus punya perencanaan pembangunan yang terencana, tanpa mengandalkan utang.

“Negara ini harus menjalankan ekonomi jalan baru, dan harus mereview kembali kebijakan ekonomi yang mengedepankan utang.

“Sebagai negara kita harus berubah dengan paradigma yang berbeda,” katanya.

Hasudungan mencontoh negara Timur Tengah hanya bersumber kepada satu sumber daya minyak tapi bisa mensejahterakan rakyatnya.

Dia mempertanyakan Indonesia dengan berbagai sumber daya alam tapi masalah kemiskinan masih persoalan tersendiri.

“Kita harus bangkit menjadi negara maju minimal setara dengan Brasil. Jangan mencontoh negara-negara yang berhutang,” ujarnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Dirut Pertamina: Tidak Naiknya Harga BBM Tergantung Keputusan Menteri

NUSA DUA, Keputusan naik atau tidaknya harga BBM ditetapkan oleh menteri yang dilakukan de…