Home CAKRAWALA EKONOMI Banjir Baja Asal Tiongkok, DPR Minta Kemendag Perketat Pengawasan

Banjir Baja Asal Tiongkok, DPR Minta Kemendag Perketat Pengawasan

Komentar Dinonaktifkan pada Banjir Baja Asal Tiongkok, DPR Minta Kemendag Perketat Pengawasan
0
97

JAKARTA , Pasar ASEAN akan dibanjirinya baja asal Tiongkok, sebagai akibat dari kebijakan Presiden Amerika Serikat yang mengenakan bea masuk sebesar 25% untuk baja hasil impor. Dan hal tersebut dapat melemahkan industri baja Dalam Negeri.

CELEBES NEWS – Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi VI DPR mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memperkuat pasal-pasal mengenai regulasi impor baja dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Ketentuan Impor Besi atau Baja, Baja Paduan, dan Produk Turunannya

“Karena baja asal Tiongkok berpotensi melemahkan industri baja Dalam Negeri, maka kami mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memperkuat pasal-pasal mengenai regulasi impor baja dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Ketentuan Impor Besi atau Baja, Baja Paduan, dan Produk Turunannya,” kata Bambang dalam pernyataan persnya yang diterima Kamis (8/3/2018) siang.

Selain itu dirinya juga meminta Komisi VI DPR mendorong Kemendag untuk memperketat pengawasan impor, dengan memberikan kuota jumlah impor baja, baik ukuran produk yang diimpor, jenis, dan jumlah produk baja. Dan meminta l Komisi VI DPR mendorong Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan kualitas dan jumlah produksi baja dalam Negeri agar kebutuhan baja dalam Negeri dapat terpenuhi, untuk itu perlu memiliki data jumlah produksi dan kebutuhan baja nasional yang akurat.

“Terakhir kami juga mengimbau Pemerintah agar menerapkan aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 16/M-IND/PER/2/2011 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri, untuk meningkatkan kapasitas industri baja nasional, dengan menggunakan produk baja lokal untuk proyek-proyek yang dibiayai Pemerintah,” pungkas pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Kecil, Dampak Perlemahan Rupiah Terhadap Inflasi

JAKARTA- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan dampak pelemahan nilai tuka…