Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Pemkot Manado Sediakan Jalur Khusus Ambulans

Pemkot Manado Sediakan Jalur Khusus Ambulans

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Manado Sediakan Jalur Khusus Ambulans
0
222

MANADO, Warga kota Manado mendukung penuh program Pemkot membangun jalur khusus untuk ambulans.

CELEBES NEWS Warga kota Manado menyambut baik program Pemerintah Kota yang membangun jalur khusus untuk ambulans. Jalur khusus sepanjang 2,1 Km yang tengah dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) kota Manado menggunakan APBD Kota Manado sebesar Rp 1,5 miliar.

“Kami mendukung dibangunnya jalur khusus ambulans ini. Tapi kalau bisa, nantinya tidak menggunakan pembatas, biar tidak macet,” ungkap Herry, warga kelurahan Bahu, saat ditemui Celebesnews, Senin (05/03/2018).

Menurut Herry, dengan tidak adanya pembatas, bisa mengurangi kemacetan yang sering terjadi di sepanjang jalur Bahu menuju Malalayang dan sebaliknya. “Sekali lagi, harapan kami tidak ada pembatas agar tidak terjadi kemacetan. Jika ambulans mau lewat, pengendara sudah dengar dan membuka jalan untuk ambulans lewat,” ujarnya.

Herry mengungkapkan, kemacetan yang sering terjadi di jalur ini lebih disebabkan angkutan umum (mikro) yang banyak berhenti depan Bahu Mall. “Kami minta pemerintah kota Manado juga bisa membuat jalur khusus buat mikro, agar tidak terjadi kemacetan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadishub Kota Manado, M. Sofyan, AP, M.Si dikonfirmasi Celebesnews menyambut baik harapan warga kota Manado. Sofyan mengungkapkan, saat ini pihaknya terus melakukan kajian teknis dan evaluasi dengan berbagai pihak. “Selaku instansi tekhnis, kami harus punya kajian untuk di sodorkan ke pimpinan. Kami terus melakukan evaluasi dan rekayasa Lalulintas bersama Polantas Polresta Manado. Ini kerja bersama,” ujarnya seraya mengungkapkan pihaknya secara intens melakukan koordinasi bersama pihak Polresta Manado.

Menurut Sofyan, saat ini ada beberapa hal yang tengah dilakukan Dishub Manado bersama Sat Lantas Polresta Manado. “Saat ini ada beberapa pembatas median jalan di beberapa ruas jalan yang kita buka, supaya lebih leluasa. Hasilnya kita evaluasi terus,” jelas Sofyan.

Diketahui, melalui Dinas PUPR, Pemkot Manado tengah membangun jalur khusus ambulans dengan mengambil ruas tengah jalan W. Mongisidi. Kadis PUPR Kota Manado, Peter Karl Bart Assa, ST, M.Sc, Ph.D belum lama ini mengungkapkan, pembangunan dimulai dari depan Bahu Mall hingga jalan depan  RSUP RD Kandou, sepanjang 2,1 Km dan lebar jalan 2,8 meter, dengan menggunakan anggaran APBD Kota Manado sebesar Rp 1,5 Miliar. Hingga saat ini, ruas tengah jalan. W. Mongisidi yang sebelumnya diperuntukkan sebagai taman median jalan telah di bongkar dan sudah mulai dikerjakan sejak akhir Januari 2018 lalu. [Celebesnews.id]

Penulis : Deividson Masoso/Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Tatahede: Pemkot Ajukan 3018 Rumah, BNPB Kucur Rp 213 Miliar, Disalurkan ke 2030 Rumah

MANADO, Pemkot Manado mengajukan dana bantuan bencana untuk perbaikan 3018 rumah rusak dan…