Home CAKRAWALA Pendamping Jokowi Harus Bisa Bantu Atasi Kesulitan Ekonomi

Pendamping Jokowi Harus Bisa Bantu Atasi Kesulitan Ekonomi

Komentar Dinonaktifkan pada Pendamping Jokowi Harus Bisa Bantu Atasi Kesulitan Ekonomi
0
115

JAKARTA, Joko Widodo telah memperoleh dukungan parpol yang kuat dan memiliki elektabilitas yang tinggi. Dalam kondisi seperti ini, faktor Cawapresnya harus non Jawa jadi tidak lagi dominan. Dan terbuka peluang Cawapres Jokowi juga dari suku Jawa.

CELEBES NEWS – Namun figur bakal Cawapres untuk Jokowi haruslah sosok yang mampu menjawab tantangan berupa memyelesaikan kesulitan ekonomi.

“Cawapres Jokowi harus bisa bantu, harus bisa bersinergi untuk menjawab tantangan Indonesia ke depan yaitu mengatasi kesulitan ekonomi dan menciptakan stabilitas politik yang kuat untuk meneruskan tahap pembangunan yang sudah dilakukan Presiden Jokowi di periode pertama,” kata pengamat politik yang Direktur Eksekutif PARA Syndicate Y Ari Nurcahyo Minggu (25/2/2018) sore.

Sosok yang mampu “mengatasi kesulitan ekonomi sekaligus “menciptakan stabilitas politik”, menurut Ari menjadi suatu yang agak sulit bagi Jokowi. Hal ini karena bisa jadi Jokowi harus terlebih dahulu “memenangkan pertempuran” di internal koalisi parpol yang mendukungnya. Yang mana pada saat ini para parpol tersebut ingin dan mulai gencar mengibarkan nama kadernya agar bisa menjadi Cawapres Jokowi.

Dia berharap Jokowi justru bisa memilih tokoh diluar nama-nama kader yang diajukan parpol-parpol pengusungnya. Namun tokoh tersebut merupakan sosok yang tepat untuk mengatasi kesulitan ekonomi dan menciptakan stablitas politik.  Saat ditanya mengenai peluang Sri Mulyani mendampingi Jokowi, Ari mengatakan bahwa Sri Mulyani mungkin punya kapasitas untuk mengatasi kesulitan ekonomi, tetapi jauh dari kapabilitas untuk menciptakan stabilitas politik.

“Kalau mau kita ranking, maka stabilitas politik dulu, baru persoalan ekonomi. Karena resep apa pun untuk mengatasi kesulitan ekonomi akan kandas, jika tidak ada jaminan penciptaan stabilitas politik. Dan Presiden Jokowi harus belajar bahwa pada periode pertama itu terlihat begitu sulitnya mengkonsolidasikan politik, dari hari pertama Jokowi-JK dilantik politik selalu gaduh sampai hari ini dan masih berlanjut,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Mantan Kapolda Jatim Didapuk TKN Jokowi-Ma’ruf Amin

SURABAYA, Mantan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mengatakan, kebijakan …