Home CAKRAWALA Harus Dicegah Relasi Gelap Petahana dengan Rakyat

Harus Dicegah Relasi Gelap Petahana dengan Rakyat

Komentar Dinonaktifkan pada Harus Dicegah Relasi Gelap Petahana dengan Rakyat
0
114

JAKARTA – Pilkada sebagai proses yang demokratis harus berjalan dengan fair dan jangan sampai dikotori oleh penyalahgunaan dana APBD. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) meminta semua pihak mencegah terjadinya relasi gelap antara petahana (incumbent) dengan rakyat.

CELEBES NEWS – “Petahana yang memiliki kuasa sebagai pengguna anggaran, ada keleluasaan dalam penggunaan anggaran untuk kepentingan politiknya. Termasuk memanfaatkan celah APBD untuk memobilisasi rakyat setempat untuk memilih petahana. Karena ini banyak tidak transparannya, maka kami sebut relasi gelap. Relasi gelap ini harus kita cegah agar Pilkada dapat berjalan dengan fair,” kata Sekjen FITRA Yenny Sucipto dalam siaran persnya yang diterima Minggu (25/2/2018) sore.

Menurut Yenny, dari telaah FITRA,  penggunaan dana Bansos dan  Hibah seringkali digunakan untuk memenangkan petahana. Dan ini dapat terlihat dari kenaikan dana Bansos dan Hibah yang drastis pada tahun dilaksanakannya Pilkada dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Dari telaah kami, di daerah yang melaksanakan Pilkada pada tahun 2015 dan 2017 terjadi kenaikan dana Bansos dan Hibah yang drastis. Dana tersebut digunakan oleh petahana untuk menabung modal sosial untuk pencitraan. Juga sering dana Bansos dan Hibah itu digunakan diluar ketentuan Permendagri No. 32 Tahun 2011. Maka kami meminta tren meningkatnya dana Bansos dan Hibah tersebut menjadi perhatian Kemendagri. Perlu Kemendagri memerinci apakah peruntukannya tersebut relevan, atau justru hanya dijadikan celah korupsi bagi petahana untuk memenangkan Pilkada,” pungkas Yenny. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Ketua DPR Bocorkan Formasi Rekrutmen CPNS 2018

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengaku telah menerima informasi tentang ren…