Home CAKRAWALA Abhan: Peristiwa di Garut Sangat Memalukan

Abhan: Peristiwa di Garut Sangat Memalukan

Komentar Dinonaktifkan pada Abhan: Peristiwa di Garut Sangat Memalukan
0
166

JAKARTA, Peristiwa operasi tangkap tangan (OTT) yang menimpa Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Garut, Jawa Barat, dinilai sebagai peristiwa yang memalukan bagi korp penyelenggara pemilu. Peristiwa tersebut juga dinilai telah menciderai proses demokrasi yang sedang berlangsung, khususnya di Kabupaten Garut. Demikian pernyataan Ketua  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan.

CELEBES NEWS – ” Peristiwa di Garut ini sangat memalukan, disaat kami sedang menggalakkan gerakan tolak money politik dan peningkatan integritas jajaran penyelengara pemilu, khususnya Panwaslu,” kata Abhan dalam siaran persnya, Minggu (25/2/2018) sore.

Menurut dia, Bawaslu sangat prihatin atas kasus yang mencederai proses demokrasi yang sedang berjalan. Oleh karenanya, Bawaslu mendukung langkah penegak hukum untuk memprosesnya secara tuntas.

“Ini adalah kasus suap, sehingga orang yang memberikan suap harus juga ditindak secara tegas tanpa pandang bulu. Bawaslu segera menindaklanjuti kasus ini dengan memberhentikan sementara Ketua Panwaslu Garut sambil menunggu penetapan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Kami  juga berharap publik bisa menanggapi peristiwa ini secara obyektif.

Hal itu karena persoalan ini muncul atas ulah personal bukan secara kelembagaan. Hari ini juga, Bawaslu akan mengirimkan tim ke Garut untuk melakukan supervisi terhadap Panwaslu Garut,” tegas Abhan.

Mengirimkan tim ke Garut adalah bentuk respon cepat Bawaslu RI, terhadap peristiwa tersebut. Abhan menambahkan, bahwa pihaknya selalu memgingatkan anggota penyelenggara pemilu, karena di lapangan  mereka selalu dikelilingi oleh banyak godaan yang menggiurkan. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Ketua DPR Bocorkan Formasi Rekrutmen CPNS 2018

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengaku telah menerima informasi tentang ren…