Home CAKRAWALA Lakukan Kesalahan Fatal, Yasonna Layak Dicopot

Lakukan Kesalahan Fatal, Yasonna Layak Dicopot

Komentar Dinonaktifkan pada Lakukan Kesalahan Fatal, Yasonna Layak Dicopot
0
78

JAKARTA,  Kesalahan  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly yaitu tidak melapor ke Presiden Joko Widodo mengenai dinamika munculnya pasal kontroversial dalam UU MD3 sebelum UU tersebut disahkan, adalah suatu yang fatal.

CELEBES NEWS – Fatal, karena akibat kelalaian Yasonna tersebut citra pemerintahan Jokowi-JK yang ingin membangun suasana dan sistem yang demokratis menjadi tercoreng, karena pemerintah dinilai setuju dengan hadirnya pasal-pasal yang tidak sesuai dengan semangat reformasi tersebut. Disisi lain Presiden layak mencopot Yasonna atas kelalaian yang fatal tersebut. Demikian pendapat pengamat politik Exposit Strategic Arif Susanto.

“Kesalahan fatal sudah dia (Yasonna) lakukan. Dengan dia tidak melapor tentang dinamika terakhir yaitu munculnya pasal-pasal yang kontroversial itu, maka pemerintah tidak mengeluarkan satupun nota keberatan. Akhirnya UU MD3 disahkan dan publik menilai itu adalah kado yang buruk yang diberikan okeh DPR dan pemerintahan Jokowi-JK pada HUT ke-20 reformasi. Citra pemerintah pun tercoreng. Atas kondisi tersebut, maka Yasonna layak dicopot,” kata Arif saat dihubungi Kamis (22/2/2018)  malam.

Menurut dia, kondisi tersebut jelas menunjukkan bahwa orang-orang disekeliling Jokowi atau para pembantunya,  tidak tanggap dan paham atas isu-isu yang akan memunculkan penolakan dari publik, dan akan menjatuhkan citra pemerintah dimata publik. Sikap Presiden Jokowi yang tidak mau menandatangani UU MD3 tersebut, juga menunjukkan bahwa Presiden memperhatikan dan mempertimbangkan reaksi publik yang gencar menolak UU yang belum lama ini disahkan tersebut. Dan Presiden tidak ingin dinilai berada dalam pihak yang berseberangan dengan kehendak publik.

Dan Yasonna adalah menteri yang mendapatkan amanah mewakili pemerintah dalam pembahasan UU MD3. Dengan Yasonna tidak maksimal mengemban amanah, karena justru tidak melapor ke Presiden disaat ada dinamika pembahasan yang memunculkan pasal-pasal kontroversial, maka Yasonna layak mendapatkan sanksi. Namun pemberian sanksi tersebut tidak terlepas dari wilayah hak prerogatif Presiden Jokowi.[Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Eko Subowo Dilantik Menjadi Penjabat Gubernur Sumut

MEDAN – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Jum’at (22/6/2018) pagi secara resm…