Home CAKRAWALA DPR Tetap Butuh Kritik, Bambang Siap Pertaruhkan Jabatannya

DPR Tetap Butuh Kritik, Bambang Siap Pertaruhkan Jabatannya

Komentar Dinonaktifkan pada DPR Tetap Butuh Kritik, Bambang Siap Pertaruhkan Jabatannya
0
85

JAKARTA, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semua pihak tidak khawatir berlebihan dengan UU MD3 yang baru saja disahkan. Hal ini karena DPR tidak anti kritik dan tidak ingin membungkam kritik. Untuk memastikan hal tersebut, Bambang bahkan siap mempertaruhkan jabatannya sebagai Ketua DPR.

CELEBES NEWS – “DPR tidak antri kritik. Sebab kritik bagi saya itu vitamin. Janganlah khawatir berlebihan. Saya pertaruhkan jabatan saya (sebagai ketua DPR), kalau ada rakyat termasuk wartawan yang kritik DPR, lalu di jebloskan ke penjara. Bagaimana kita tahu apa yang harus diperbaiki dari DPR kalau tidak ada kritik?,” kata Bambang di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Kamis (15/2/2018) siang.

Menurut Bambang harus dibedakan antara kritik dengan penghinaan, penistaan, pelecehan ataupun fitnah. Sebagai mantan Ketua Komisi III dan wartawan yang bekerja berdasarkan kode etik jurnalistik dan UU Pers, dia mengaku paham dan tahu persis, mana kritik, dan mana yang penghinaan dan fitnah. Dan bila sudah di fitnah maka siapa pun bisa langsung saja melaporkan pihak yang memfitnah kepada yang berwajib.

“Kalau sudah di fitnah, semua bisa melaporkan kepada yang berwajib. Tidak perlu menjadi anggota DPR dulu untuk mempidana orang yang melakukan penghinaan, penistaan, pelecehan atau fitnah terhadap diri kita.

Kalau memenuhi unsur (delik), kita bisa langsung lapor ke penegak hukum sebagaimana diatur dalam KUHP/KUHAP.

Penghinaan, penistaan, pelecehan dan fitnah adalah delik aduan. Jadi, menurut saya tidak perlu ada kekhawatiran yg berlebihan dari UU MD3, yang sebenarnya secara substantif sama dengan UU MD3 sebelumnya.Jadi boleh kritik DPR asal jangan memfitnah. Jangan karena alasan demokrasi lalu kita lakukan fitnah dan pencemaran nama baik. Itu yang tentu sangat tidak kita inginkan,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi di Istana Bogor

BOGOR, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi A…