Home CAKRAWALA BAZNAS Peduli Pekerja Migran

BAZNAS Peduli Pekerja Migran

Comments Off on BAZNAS Peduli Pekerja Migran
0
33

JAKARTA, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendukung perjuangan para pekerja migran Indonesia yang sering menjadi korbanberbagai tindak kejahatan. Salah satunya adalah perdagangan manusia.

CELEBES NEWS – Menurut Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA, BAZNAS perlu masuk pada berbagai kasus penderitaan pekerja migrant (dalam UU yang baru istilah yg dipakai adalah PMI : Pekerja Migrant Indonesia).

Minimal ada tiga Asnaf Zakat yang mengkaitkannya yakni Fakir/Miskin, dimana banyak pekerja migrant yang berangkat ke luar negeri karena kasus-kasus kemiskinan dan kasus-kasus ikutannya. Berikutnya adalah asnaf Riqob atau perbudakan. Yaitu adanya praktek perdagangan manusia (human trafficking) dalam banyak kasus pekerja migrant di berbagai negara. Juga asnaf ghorim atau mereka yang terlibat masalah banyak hutang.

“Ada kaitannya dengan asnaf. Upaya-upaya BAZNAS dalam membantu migran atau purna migrant adalah dengan memberikan layanan dan pendampingan migrant, bantuan kasus pemulangan pekerja migrant dan bantuan pemberdayaan purna migrant.

BAZNAS juga mendorong dakwah bagi migrant dan dukungan shelter bagi mereka yg berperkara. Pendekatan BAZNAS untuk berbagai permasalahan migrant ini dilakukan dalam bentuk bantuan advokasi, bantuan sosial dan bantuan pemberdayaan ekonomi akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Selama ini BAZNAS telah merambah Hongkong dan Korea, dan akan ditingkatkan di berbagai negara lainnya,” ujar Bambang Sudibyo, saat presscon nonton bereng film Impian Negeri Berkabut di PPHUI, Jakarta, Kamis (14/2/2018)  sore.

Film berjudul Impian Negeri Berkabut yang diproduksi oleh SBMI Wonosobo, menceritakan tentang tindak pidana perdagangan orang (trafficking) salah satu dari dampak migrasi ketenagakerjaan ke luar negeri.

Menurut dia, BAZNAS mendukung kerjasama berbagai pihak untuk terus membantu dan menyuarakan penolakan kepada praktik perdagangan manusia serta mendorong kemandirian migrant agar mencapai visi migrant indonesia : Sukses Di Rantau, Mandiri Di Negeri Sendiri.

Selain itu BAZNAS juga ingin memberikan edukasi sehingga kepedulian terhadap wanita dan pekerja migran semakin bertambah. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Moeldoko: Penyerangan Terhadap Ulama Kayaknya Ada yang Main-main

JAKARTA, Pemerintah turun tangan terhadap kekerasan terhadap ulama dan pelaku harus diusut…