Home CAKRAWALA Terlalu Melindungi Diri, Citra DPR Justru Terpuruk

Terlalu Melindungi Diri, Citra DPR Justru Terpuruk

Comments Off on Terlalu Melindungi Diri, Citra DPR Justru Terpuruk
0
45

JAKARTA – Sikap DPR yang berupaya melindungi dirinya melalui kewenangan legislasi untuk menghadirkan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), justru akan membuat citranya semakin buruk dimata rakyat. Hadirnya pasal-pasal yang memicu kontroversi karena terkesan melindungi diri tersebut, juga menunjukkan bahwa anggota DPR tidak peka dengan kehendak publik. Demikian pendapat pengamat politik yang Direktur Eksekutif PARA Syndicate Yohannes Ari Nurcahyo.

CELEBES NEWS – “Upaya melindungi diri melalui pasal-pasal yang ada di UU MD3 yang baru disahkan itu, justru memperburuk citra DPR dimata publik. Saat ini citra DPR masih buruk dimata publik, dan kini dengan berupaya melindungi ndiri, maka jadi tambah buruk. Ini juga tidak menunjukkan mereka tidak peka terhadap kehendak publik, yang ingin pemerintahan dan parlemen yang berkinerja baik serta bersih dari korupsi, sebagaimana cita-cita reformasi,” kata Ari saat dihubungi Rabu (14/2/2018) sore.

Menurut dia, seharusnya DPR tidak perlu harus melindungi dirinya sedemikian rupa, bila mereka memang berkinerja baik, tidak korup serta beretika baik. Dengan mereka baik dalam beberapa aspek tersebut, maka kepercayaan publik serta penghormatan publik kepada mereka tentu juga akan baik.

“Jadi tidak perlu harus menghadirkan Pasal 245 yang mengatur bahwa pemeriksaan anggota DPR oleh penegak hukum melalui prosedur bertingkat-tingkat. Yaitu harus dipertimbangkan MKD terlebih dahulu sebelum dilimpahkan ke Presiden untuk pemberian izin. Yang mana terkesan melindungi diri dari proses hukum,” kata dia.

Disisi lain Ari kecewa dengan lolosnya UU MD3 yang justru di era pemerintahan Jokowi-JK, yang diharapkan publik akan melahirkan banyak aturan yang sejalan dengan semangat reformasi.

“Kok malah kesannya menjelang peringatan 20 tahun reformasi, justru lahir Undang Undang yang tidak sejalan dengan semangat reformasi. Saya malah khawatir Presiden tidak dapat informasi yang memadai dari para pembantunya,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Moeldoko: Penyerangan Terhadap Ulama Kayaknya Ada yang Main-main

JAKARTA, Pemerintah turun tangan terhadap kekerasan terhadap ulama dan pelaku harus diusut…