Home CAKRAWALA POLITIK Terbentur Ijazah Jagoan Demokrat dan PKB Gagal Ikut Pilgub Sumut

Terbentur Ijazah Jagoan Demokrat dan PKB Gagal Ikut Pilgub Sumut

Komentar Dinonaktifkan pada Terbentur Ijazah Jagoan Demokrat dan PKB Gagal Ikut Pilgub Sumut
0
117

MEDAN, Terbentur ijazah, pasangan JR Saragih-Ance Selian akan gugat ke Bawaslu.

CELEBES NEWS – Rapat Pleno Terbuka Pengumuman dan Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018-2023, di Ballroom Hotel Grand Mercure Maha Cipta, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, Senin (12/2/2018), akhirnya pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jopinus Ramli (JR) Saragih dan Ance Selian dinyatakan tidak lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut).

Pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini batal untuk mengikuti Pilkada Sumatera Utara 2018.

KPU menyatakan bahwa pasangan JR Saragih dan Ance Selian tidak lolos karena berkas persyaratan JR Saragih sebagai bakal calon gubernur Sumut tidak memenuhi syarat.

Berkas tersebut adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

“Sesuai dengan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018 pada poin empat menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih,” ujar Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga.

Saat diwawancarai usai rapat pleno, Saragih menangis. Sejumlah pendukung di belakangnya pun mencoba menenangkan Bupati Siantar itu.

“Ada 2 juta pendukung JR Saragih…,” ucap JR Saragih terputus karena terisak dan menangis.

Saragih lalu melanjutkan ucapannya dengan meminta kepada seluruh pendukungnya agar tak berbuat ricuh atas tidak lolos dirinya yang dilakukan KPU Sumut.

“Saya minta untuk semua pencinta JR-Ance tetap kita melakukan yang terbaik, tidak ada satu pun yang boleh ribut. Biarkan hukum yang berjalan. Kita semua solid. Kita tidak boleh menyalahkan yang mana. Masih ada Tuhan di atas manusia,” kata Saragih.

Saragih menuturkan, pihaknya akan segera menggugat keputusan KPU Sumut itu ke Bawaslu Sumut.

“Dua juta pendukung JR-Ance menangis, kami akan membuat gugatan. Saya sudah menunjukkan semua bukti ijazah, dan pengesahan dari Mahkamah Agung, dan Kepala Dinas DKI Jakarta,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Simalungun itu sembari mengelap air mata yang menetes.

Tidak lolosnya JR-Ance, KPU menetapkan hanya dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Sumut 2018, yaitu pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah serta pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus.

Tidak lolosnya JR-Ance Wakil Sekretaris PKB Daniel Johan protes dan akan menggugat KPU.

“Pasangan JR-Ance akan lakukan gugatan hukum,” tegas Daniel melalui pesan singkat, Senin (12/2/2018).

Daniel yakin, berkas ijazah JR Saragih seharusnya tidak bermasalah karena yang bersangkutan pernah menjadi Bupati Simalungun.

Menurut Daniel, JR Saragih telah memenuhi syarat saat diverifikasi oleh KPUD Simalungun.

Saat ditanya apakah masih ada peluang bagi JR -Ance untuk maju kembali melalui gugatan hukum, Daniel yakin masih terbuka lebar.

“Iya (masih bisa maju lagi) dong,” lanjut Daniel. [Celebesnews.id]

Penulis:Ralian

Comments are closed.

Check Also

KPU Lantik Penyelenggara Pemilu Provinsi

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik 86 orang penyelenggara pemilu prov…