Home CAKRAWALA Lembaga Survei dan Pers Bisa Terjerat UU MD3

Lembaga Survei dan Pers Bisa Terjerat UU MD3

Comments Off on Lembaga Survei dan Pers Bisa Terjerat UU MD3
0
125

JAKARTA, Penerapan UU MD3 yang baru bisa saja menjerat lembaga survei dan pers. Hal ini karena berkaitan dengan fakta bahwa banyak lembaga survei yang memaparkan hasil surveinya, dan juga pers yang memberitakan bahwa DPR adalah lembaga yang terburuk. Demikian pendapat pengamat politik yang Direktur Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti.

CELEBES NEWS – “Saat ini kita kan sering mendengar bahwa lembaga survei memberitakan bahwa dari hasil survei pada kurun waktu tertentu ternyata DPR adalah lembaga yang terburuk. Juga sering pers menulis tentang berbagai kekurangan DPR. Baik lembaga survei dan pers, ya bisa saja dijerat pasal karet dengan dalih telah “merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR”. Ya ini kan sama saja upaya membungkam kritik jadinya,” kata Ray dalam diskusi di d’Hotel, Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018) sore.

Menurut pria asal Mandailing Sumatera Utara tersebut, alih-alih untuk memperkuat peran demokratis kelembagaan MPR, DPR, DPD dan DPRD, UU MD3 yang baru tersebut justru malah berpeluang menjauhkan lembaga-lembaga tersebut dari jangkauan hukum dan suara kritis dari publik. Dan celakanya menurut Ray, kondisi tersebut justru muncul lagi disaat suasana Indonesia yang demokratis. Selain itu dia juga melihat adanya peran MKD yang “unik”. Yaitu MKD lah yang menentukan ukuran sutau pihak itu merendahkan kehormatan DPR dan anggotanya.

“Uniknya itu, kok yang menentukan telah melanggar, telah merendahkan lembaga DPR dan anggotanya itu jadinya malah MKD. Kenapa tidak anggota DPR yang merasa direndahkan lapor saja langsung ke Polri ? Juga sejak kapan anggota DPR jadi simboil negara, sehingga penghinaan terhadap dirinya, maka lembaganya harus ikut-ikutan. Bila kita ingat Sudirman Said yang melaporkan Setya Novanto ke MKD terkait “Papa Minta Saham”, maka dengan UU MD3 yang baru ini, Setnov bisa ganti laporkan Sudirman ke MKD, dan Sudirman diajukan MKD ke Polri. Repot jadinya kita,” pungkas Ray. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bamsoet Khawatirkan Kondisi Jembatan Tua Pantura Jawa

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo khawatir dengan kondisi jembatan-jembatan tu…