Home CAKRAWALA DPR Terapkan Politik Isolasionisme dalam UU MD3

DPR Terapkan Politik Isolasionisme dalam UU MD3

Komentar Dinonaktifkan pada DPR Terapkan Politik Isolasionisme dalam UU MD3
0
256

JAKARTA, Melalui UU MD3 yang baru, DPR dinilai menerapkan Politik Isolasionisme untuk membungkam kritik publik dan menutup diri dari segala bentuk pandangan kontra. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya pemberian kewenangan Majelis Kehormatan Dewan (MKD) untuk memanggil dan memeriksa pihak-pihak yang merendahkan kehormatan Dewan dan anggotanya. Demikian pendapat analis politik Exposit Strategic Arif Susanto.

CELEBES NEWS – “UU MD3 ini adalah cara DPR melindungi diri semacam politik isolasionisme. Jadi begitu mengutamakan kepentingan dirinya sendiri dibandingkan kepentingan bersama membangun demokrasi, yang mana demokrasi itu memberi ruang adanya kritik. Ini tampak dalam UU MD3 yang baru (Pasal 122), dengan adanya pemberian kewenangan MKD memanggil pihak-pihak yang merendahkan kehormatan Desan dan anggotanya. Bahkan kewenangan ini dapat diikuti oleh langkah hukum melaporkan pihak-pihak tersebut kepada Polri,” kata Arif dalam diskusi di d’ Hotel, Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018) sore.

Selain itu Arif juga melihat adanya upaya persekongkolan antara DPR dan pemerintah untuk menggerogoti negara hukum. Hal ini dengan cara menggunakan instrumen kewenangan dalam hal legislasi untuk menghasilkan lembaga-lembaga negara yang posisinya jadi berada diatas hukum.

“Bukti dari upaya memposisikan lembaga negara diatas hukum, tampak dari pemeriksaan anggota DPR (Pasal 245) yang harus melalui pertimbangan MKD. terlebih dahulu sebelum dilimpahkan ke Presiden untuk pemberian ijin bagi aparat penegak hukum. Yang mana MKD itu bukan bagian dari tatanan hukum nasional. Yang harus perlu kita suarakan kepada publik adalah dengan UU MD3 yang baru ini, maka demokrasi kita terancam dan kehidupan bernegara masuk dalam masa kegelapan akibat dari kekacauan tatanan hukum,” pungkas pria asal Lamongan tersebut.[Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Arab Saudi di Istana Bogor

BOGOR, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Arab Saudi A…