Home CAKRAWALA POLITIK Gagasan Mendagri Bisa Merugikan Polri dan Pemerintah

Gagasan Mendagri Bisa Merugikan Polri dan Pemerintah

Komentar Dinonaktifkan pada Gagasan Mendagri Bisa Merugikan Polri dan Pemerintah
0
152

JAKARTA – Gagasan Mendagri Tjahjo Kumolo untuk menempatkan Pati Polri pada posisi Plt Gubernur di Provinsi yang akan pilkada justru berpotensi merugikan Polri dan Pemerintah. Demikian pendapat peneliti politik yang juga Dosen Universitas Paramadina, Toto Sugiarto.

CELEBES NEWS – Alasan Mendagri bahwa idenya itu untuk menjaga keamanan di Provinsi yang sedang ada Pilkada dalam hal ini Pilgub juga tidak masuk akal.  Hal ini karena keamanan adalah tugas Polri. Dan Polri dengan personilnya mulai tingkat Polda di Provinsi dan Polres di Kabupaten-Kota tentu mampu menjaga keamanan di saat Pilkada.

“Ini justru berpotensi merugikan Polri dan Pemerintah. Gagasan ini membawa Polri ke tengah kontestasi. Akan muncul dugaan dan kecurigaan akan netralitas Polri. Polri bisa dituduh tidak netral. Hal ini merugikan Polri. Kemendagri juga dilihat mengambil kebijakan yang tidak matang, atau bahkan bisa dituduh sedang merencanakan langkah-langkah yang menguntungkan penguasa,” kata Toto saat dihubungi Selasa (30/1/2018) sore.

Toto menambahkan, bahwa masalah keamanan sudah jelas kewenangan Polri. “Jangan beralasan lagi bahwa hanya Plt Gubernur dari TNI-Polri lah yang mampu menjaga keamanan di Provinsi yang sedang ada Pilgub,” kata Toto. [celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

KPU Lantik Penyelenggara Pemilu Provinsi

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik 86 orang penyelenggara pemilu prov…