Home CAKRAWALA EKONOMI Saifullah Yusuf Targetkan Pekerja di Jatim Tersertifikasi

Saifullah Yusuf Targetkan Pekerja di Jatim Tersertifikasi

Komentar Dinonaktifkan pada Saifullah Yusuf Targetkan Pekerja di Jatim Tersertifikasi
0
243

SURABAYA, Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur menargetkan seluruh pekerja di wilayahnya tersertifikasi dengan harapan lebih kompeten, profesional dan memiliki daya saing.

CELEBES NEWS – “Sertifikat ini sangat penting, terlebih kita menghadapi era globalisasi yang dimulai dari MEA, sehingga keahlian pekerja diusahakan memperoleh pengakuan internasional,” ujarnya di sela menghadiri penyerahan sertifikat pemagangan wilayah Jawa Timur dan koordinasi persiapan PSKK 2018 Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Nusantara di Surabaya, Sabtu (27/1/2018).

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menjelaskan saat ini dipredikasi jumlah tenaga kerja baru di Jatim sekitar 326 ribu orang, belum ditambah dengan pengangguran tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jawa Timur, pada periode dua tahun terakhir hampir 50 ribu orang tenaga kerja yang sudah melakukan sertifikasi.

Menurut Gus Ipul, dengan adanya sertifikasi maka kemampuan, pengetahuan dan keterampilan para pekerja akan semakin meningkat sekaligus lebih diakui sebagai pekerja yang ahli di bidang dan profesinya serta profesional.

Selain itu, melalui sertifikasi maka Provinsi Jatim mampu menyiapkan tenaga kerja yang kualifikasinya bisa diterima di perusahaan maupun industri. Ujar Gus Ipul

“Program sertifikasi ini sendiri merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah, perusahaan atau industri, LSP dan BNSP. Ini yang saya syukuri karena Jatim menjadi salah satu provinsi prioritas percepatan sertifikasi terutama untuk sektor UMKM,” ujarnya.

Gus Ipul juga berharap jumlah pekerja yang memperoleh sertifikasi ini terus meningkat ke depan, tak hanya di sektor UMKM tapi juga koperasi.

Terlebih, saat ini terdapat 30 ribu lebih koperasi di Jatim, yang aktif sekitar 29 ribu lebih, sedangkan jumlah anggota koperasi sendiri berkisar antara 200-500 orang, jelasnya.

Ketua BNSP Sumarna F Abdurahman menyampaikan Jatim merupakan provinsi yang sangat maju dan serius dalam bidang sertifikasi sehingga menjadi tempat kondusif dalam pegembangan sumber daya manusia dan usaha.

Sumarna juga menjelaskan, selama dua tahun hampir 50 ribu orang tenaga kerja di Jatim yang sudah melakukan sertifikasi dam diharapkan tahun ini jumlah pekerja tersertifikasi terus meningkat.

“Kami menargetkan tahun ini kalau bisa 30.000 pekerja di Jatim mengikuti sertifikasi, terlebih Pak Wagub sudah berkomitmen untuk terus mendukung program ini,” katanya. [Celebesnews.id]

Penulis : Az Zahra

Comments are closed.

Check Also

Wamenlu: Pemerintah Minta Dukungan Ceko atas Produk-produk Kelapa Sawit Dijual  di Eropa

JAKARTA, Sebanyak 17 juta petani kelapa sawit Indonesia bergantung pemasran produk kepala …