Home CAKRAWALA POLITIK FPKS Tak Pernah Setuju Miras Dijual Bebas di Warung

FPKS Tak Pernah Setuju Miras Dijual Bebas di Warung

Comments Off on FPKS Tak Pernah Setuju Miras Dijual Bebas di Warung
0
79

JAKARTA – Anggota Pansus RUU Larangan Minuman Beralkohol (minol) dari Fraksi PKS, Abdul Fikri Faqih menegaskan bahwa fraksinya tidak pernah menyetujui miras dijual bebas di warung atau di minimarket.

CELEBES NEWS – Fikri Faqih dalam siaran persnya yang diterima celebesnews.id, Minggu (21/1/2018) siang, mengatakan, “Perlu kami tegaskan bahwa di Pansus RUU Minol, Fraksi PKS komitmen dan konsisten tidak pernah menyetujui miras dijual bebas di warung atau minimarket. Dalam draf pembahasan terakhir, bahkan semua fraksi menyetujui pembatasan distribusi miras”.

Ditambahkan Fikri Faqih, dalam RUU tersebut juga ditegaskan adanya syarat dan izin untuk menjual miras. Seperti, harus jauh dari lingkungan pendidikan, tempat ibadah, dan fasilitas publik lainnya. Juga untuk pembeli, ada syarat mengenai umur, status kewarganegaraan, bahkan agama yang hingga kini masih didiskusikan.

“Karena penjualan etanol sebagai minuman termasuk pengecualian. Tapi, secara umum dilarang,” tegas Wakil Ketua Komisi X DPR tersebut.

Menurut pria asal Tegal tersebut, dari sisi nomenklatur, hingga saat ini masih terjadi perdebatan antar fraksi. Fikri Faqih menegaskan bahwa Fraksi PKS, bersama PAN dan PPP.

Karena masih mempertahankan penggunaan kata ‘Larangan’ dalam judul RUU tersebut, yaitu RUU Larangan Minuman Beralkohol.

Meskipun demikian, dalam perkembangan pembahasan, terdapat titik temu jalan keluar antar fraksi, yaitu semua sepakat ada substansi larangan miras dalam batang tubuh RUU tersebut.

Oleh karena itu, untuk mempercepat penyelesaian pengesahan RUU ini, FPKS mendesak pemerintah untuk kooperatif membahas aturan krusial ini bersama dengan DPR. Selama ini menurut dia, Pansus RUU Minol mengalami hambatan karena pihak pemerintah, beberapa kali tidak bisa hadir dalam rapat dengan Pansus. [celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Deklarasi dan Pelantikan Tim Pemenangan R3D Tanpa Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa

MINUT – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa nomor 2, Ir Roy Ok…