Home KOTA KOTA MANADO Ekonom Unima: Kebijakan Impor Beras Pemerintah Sudah Tepat

Ekonom Unima: Kebijakan Impor Beras Pemerintah Sudah Tepat

Komentar Dinonaktifkan pada Ekonom Unima: Kebijakan Impor Beras Pemerintah Sudah Tepat
0
149

MANADO, Karena harga beras saat ini terus meningkat , jangan sampai masyarakat tidak mampu membeli beras. Karena, impor beras yang dilakukan pemerintah tidak akan mengganggu pendapatan petani. Hal ini terlihat dari kenaikan harga beras yang terjadi saat ini tidak dirasakan oleh petani.

CELEBES NEWS – Pengamat Ekonomi Universitas Manado (Unima) Robert Winerungan mengatakan kebijakan impor beras yang dilakukan pemerintah dinilai sudah tepat.

“Karena harga beras saat ini terus meningkat sehingga jangan sampai masyarakat tidak mampu membeli beras,” kata Robert, di Manado, Kamis (18/1/2018).

Menrutnya, untuk menjaga stok dan harga merupakan amanat dari undang-undang sehingga pemerintah wajib melaksanakannya.

“Dengan dilakukannya impor beras, diharapkan harga menjadi normal lagi,” katanya.

Dia menilai impor beras yang dilakukan pemerintah tidak akan mengganggu pendapatan petani. Hal ini terlihat dari kenaikan harga beras yang terjadi saat ini tidak dirasakan oleh petani. Ini terbukti dari Nilai Tukar Petani (NTP) yang masih di bawah 100.

Dia mengatakan, jangan sampai kenaikan harga beras terjadi karena adanya spekulasi dari orang yang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan, karena tentu saja bisa merugikan semua pihak.

Ia juga menambahkan, Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditentukan pemerintah sebesar Rp9.450 per kilogram sudah tepat.

“Sebab dengan harga beras medium tersebut masyarakat bisa menjangkaunya untuk membeli,” katanya.

Selain itu, katanya, dengan harga tersebut petani juga tidak akan rugi, karena pemerintah telah memperhitungkan biaya pokok produksi beras dan keuntungan petani maupun pedagang.

Berfluktuasinya harga beras yang terjadi saat ini paling terkena dampaknya adalah masyarakat menengah ke bawah, yang sangat tergantung kepada beras. Sedangkan masyarakat menengah atas biasanya bisa mengganti beras dengan bahan pokok lainnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Simon Siagian

 

Comments are closed.

Check Also

Reklamasi Pantai dan Langkah Politis Dibalik Revisi Perda RTRW Manado

MANADO, Revisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Perda RTRW) Kota Manado tahun …