Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Sidang Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalteng Putuskan 32 IKM Layak Mendapat Sertifikat Halal

Sidang Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalteng Putuskan 32 IKM Layak Mendapat Sertifikat Halal

Komentar Dinonaktifkan pada Sidang Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalteng Putuskan 32 IKM Layak Mendapat Sertifikat Halal
0
249

PALANGKA RAYA – Sabtu, 13 Januari 2018 telah dilangsungkan sidang Komisi Fatwa MUI Propinsi Kalimantan Tengah yang bertempat di kantor Sekretariat MUI Provinsi Kalimantan Tengah Jl. G. Obos No. 106 Palangka Raya Dalam rangka penetapan Sertifikat Halal bagi produk IKM di Kalimantan Tengah.

CELEBES NEWS – Sidang dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan  dibuka secara resmi oleh Sekretaris Komisi Fatwa, M. Arni, S.Ag, M.Ag yang didahului pengantar pembukaan sidang oleh Sekretaris Umum MUI Provinsi Kalimantan Tengah,Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup, M.Si.

Prof. Dr. Ir. H. Saputera, M.Si. selaku Direktur LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan  laporan bahwa IKM yang akan disidangkan, yaitu sejumlah 32 IKM yang terdiri dari IKM Kotawaringin Barat berjumlah 20 IKM, Kota Palangka Raya 10 IKM, Kabupaten Pulang Pisau 1 IKM dan Kabupaten Kapuas 1 IKM.

Produk yang disertifikasi sebagian besar adalah jenis produk olahan berbahan baku ikan seperti amplang/kerupuk ikan, abon ikan kemudian produk roti, keripik sayur dan buah, bakso, produk obat herbal dan air minum dalam kemasan (New Danum yang dikelola oleh PDAM Kab.Kapuas).

Celebesnews.id – Penyampaian hasil audit AMDK PDAM Kab. Kapuas oleh tim auditor, Prof.Dr. H. Saputera, M.Si, Dr. Moch. Anwar, M.Si dan Ir. Muliansyah, M.Si. | Foto Dok. Muliansyah

Dalam sidang yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi Fatwa Drs. H. Chairuddin Halim, 32 IKM ditetapkan layak mendapatkan sertifikat halal. Namun sebanyak 4 IKM harus ditinjau kembali terkait bahan yang digunakan, dan ada yang direkomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala.

Sidang Komisi Fatwa kali ini diikuti oleh 11 orang auditor dari 16 orang auditor LPPOM MUI Prov. Kalteng yang terlibat dalam audit 32 IKM tersebut. Dari Komisi Fatwa hadir 8 orang anggota, termasuk bapak Drs. H. Masrawan, M.Ag Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah dan bapak Drs. H. Mahlan Umar, SH., MH Ketua Umum MUI Provinsi Kalimantan Tengah.

Anggota Komisi Fatwa menyampaikan rasa puas atas hasil audit yang dilaksanakan oleh auditor karena telah memenuhi standar audit dengan ditampilkannya hasil audit yang lengkap.

Sedangkan Ir. Muliansyah, M.Si  anggota auditor  menyampaikan bahwa dalam melaksanakan audit mereka telah menjalankan SOP sesuai dengan SOP dalam HAS 23000 dari LPPOM MUI Pusat. [Celebesnews.id]

Penulis : Kristanto

Comments are closed.

Check Also

Kalibrasi Alat Ukur Pengaruhi Mutu Produk, BPSMB Kalteng lakukan Sosialisasi

KUALA KAPUAS – Penggunaan alat ukur didalam laboratorium, industri maupun perdaganga…