Home KAWANUA KAWANUA SULUT Minus Kab. Mitra, 15 Pasbalon Pilkada di Sulut Ikuti Pemeriksaan Narkoba dari BNNP

Minus Kab. Mitra, 15 Pasbalon Pilkada di Sulut Ikuti Pemeriksaan Narkoba dari BNNP

Comments Off on Minus Kab. Mitra, 15 Pasbalon Pilkada di Sulut Ikuti Pemeriksaan Narkoba dari BNNP
0
127

MANADO, Komisi Pemilihan Umum Propinsi Sulawesi Utara (KPU Sulut) menggelar tes kesehatan termasuk pemeriksaan narkoba terhadap pasangan bakal calon (Pasbalon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018.

CELEBES NEWS – Sebanyak 15 pasangan bakal calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pasbalon Pilkada) di Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti tes kesehatan di RS. Prof. RD. Kandou Malalayang Manado. Para peserta Pilkada ini juga di wajibkan mengikuti tes narkoba (narkotika dan obat-obatan) yang di awasi langsung oleh BNN Propinsi Sulut.

Kepala BNNP Sulut, yang di wakili dr. Reine Wowiling menjelaskan para Pasbalon di wajibkan mengikuti tes narkoba. “Memang di syaratkan. Berdasarkan petunjuk teknis, pemeriksaan kita lakukan melalui media Urine. Dalam proses pengambilan Urine nantinya para calon akan di jaga Polwan untuk Perempuan dan Polki untuk laki laki. Toilet tidak di tutup atau di kunci,” jelas dr. Reine di RS. Prof. dr. RD. Kandou, Jumat (12/1/2018).

Ketua Tim Dokter Pemeriksa yang juga Ketua IDI Sulut, dr. Frangki Maramis mengungkapkan rangkaian proses pemeriksaan yang akan di ikuti oleh Pasbalon Pilkada. “Ada beberapa tahapan baik menyangkut kesehatan Rohani, Jiwa, dan Narkoba,” jelas dr. Frangki Maramis.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sulut, Vivi George dalam sambutannya mengatakan pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu kelengkapan syarat para paslon mengikuti pesta demokrasi 5 tahunan ini. “Proses tahapan pemeriksaan kesehatan, kami serahkan sepenuhnya ke tim pemeriksa dalam hal ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerjasama dengan RS. Prof. RD. Kandou Manado. Nantinya hasil dari pemeriksaan ini akan diserahkan tim dokter Pemeriksa ke KPU Sulut untuk kemudian di umumkan apakah calon yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti Pilkada,” jelas Vivi.

Hanya 1 pasbalon yang tidak mengikuti rangkaian tes kesehatan, yakni pasangan bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Kab. Mitra). Hal ini terkait di perpanjangnya proses pendaftaran oleh KPU, karena baru terdapat 1 pasbalon Pilkada yang mendaftar. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Belanja Infrastruktur di Sulut Tahun Anggaran 2018 Capai Rp3 Triliun

MANADO, Belanja Infrastruktur meningkat sebesar 11,2 persen dibanding tahun 2017. Dana Rp …