Home CAKRAWALA HUKUM Kejati Sulut Serahkan Tersangka Korupsi RSJ. Ratumbuysang Ke Kejari Manado

Kejati Sulut Serahkan Tersangka Korupsi RSJ. Ratumbuysang Ke Kejari Manado

Comments Off on Kejati Sulut Serahkan Tersangka Korupsi RSJ. Ratumbuysang Ke Kejari Manado
0
71

MANADO, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejatia Sulut) menyerahkan 3 orang tersangka korupsi pembangunan RSJ. Ratumbuysang ke Kejaksaan Negeri Manado (Kejari Manado).

CELEBES NEWS – Setelah dinyatakan P-21 (terpenuhi syarat formil dan materiil), pihak Kejati Sulut menyerahkan 3 tersangka korupsi proyek pembangunan RSJ. Ratumbuysang ke Kejari Manado.”Benar, hari ini (14/1/2018) pukul 11.30 Wita, tim Jaksa Penyidik Kejati Sulut yang di ketuai Jaksa Bobby Ruswin, SH, MH menyerahkan tersangka dan barang bukti dalam perkara tindak pidana korupsi pekerjaan pembangunan gedung Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. DR. VL. Ratumbuysang tahun 2015 ke Kejari Manado. Ini tahap 2,” jelas Kapenkum Kejati Sulut, Yoni Malaka, SH, Jumat (12/1/2018).

Ada 3 orang tersangka, JT mantan Kepala RSJ. Prof. DR. VL. Ratumbuysang tahun 2015-2016 sebagai Pengguna Anggaran (PA), DL sebagai Direktur PT. LBI selaku kontraktor dan VJ selaku PPTK, tambahnya.

Ketiganya di tetapkan sebagai tersangka setelah di duga menyalahgunakan wewenang dan melawan hukum dalam pembangunan RSJ Prof. DR. VL. Ratumbuysang tahun 2015 dengan pagu anggaran Rp 18 miliar yang telah merugikan negara sebesar Rp 3.347.819.545 (tiga miliar tiga ratus empat puluh tujuh juta delapan ratus sembilan belas ribu lima ratus empat puluh lima rupiah).

“Ketiga tersangka di kenakan pasal pasal 2 ayat (1), pasal 3 Jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 Jo UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHAP,” jelas Malaka.

Pihak Kejari Manado melakukan penahanan pada kedua tersangka, JT dan DL. “Untuk tersangka VJ tidak dilakukan penahanan oleh Kejari Manado karena masih menjalani tahanan di rutan Manado untuk perkara lain,” kunci Malaka. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Aniaya Anak Buah, Kasatpol PP DKI Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

JAKARTA, Kasatpol PP menuduh menyebarkan berita acara pengeluaran barang (reklame) ke medi…