Home KAWANUA KAWANUA MINAHASA Dinkes Minahasa Gelontorkan Rp 4 Miliar untuk Kesehatan Masyarakat Miskin

Dinkes Minahasa Gelontorkan Rp 4 Miliar untuk Kesehatan Masyarakat Miskin

Komentar Dinonaktifkan pada Dinkes Minahasa Gelontorkan Rp 4 Miliar untuk Kesehatan Masyarakat Miskin
0
193

TONDANO, Penerimaan berjumlah 15.000 jiwa dengan rincian bantuan Rp 23.000 perbulan.

CELEBES NEWS – Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara menganggarkan sekitar Rp4 miliar pada 2018 guna menopang kesehatan masyarakat miskin dalam Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Dana yang dianggarkan ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, karena masih banyak warga di Minahasa yang butuh bantuan khususnya bidang kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa, dr Juliana Kaunang di Tondano, Sabtu (13/1/2018).

Juliana mengatakan penerima berjumlah 15.000 jiwa, dengan rincian bantuan Rp23.000 per bulan, kepesertaan ini direkomendasikan dari Dinas Sosial yang tidak tercover oleh penerima bantuan kesehatan melalui dana APBN.

“Pemberian bantuan Jamkesda ini berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2011, setiap desa berhak mengusulkan penerima bantuan kesehatan,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Royke Kaloh melalui Sekretaris Denny Tualangi mengatakan selain bantuan daerah melalui Jamkesda, ada pula alokasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Minahasa berjumlah 100.000 penerima dengan total anggaran Rp35 miliar per tahun.

“Untuk peruntukan KIS ini sama seperti Jamkesda, namun KIS anggarannya langsung dari APBN, angka ini masih termasuk kuota tahun lalu tak menutup kemungkinan akan bertambah,” ujarnya.

Ia berharap para penerima memanfaatkan dengan baik untuk semua bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

Perlu diketahui, sebanyak 8,36 persen dari total penduduk 334.324 di Kabupaten Minahasa tergolong kurang mampu, sehingga jaminan hidup layak dan mendapatkan fasilitas kesehatan masih sangat dibutuhkan. [Celebesnews.id]

Penulis: Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Ribuan Pendukung Hadir, R3D Deklarasi dan Lantik Tim Pemenangan

MINUT – Lima partai pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minah…