Home CAKRAWALA POLITIK Bawaslu Waspadai Politik Uang Berbalut Kegiatan Keagamaan

Bawaslu Waspadai Politik Uang Berbalut Kegiatan Keagamaan

Komentar Dinonaktifkan pada Bawaslu Waspadai Politik Uang Berbalut Kegiatan Keagamaan
0
215

JAKARTA , Praktek politik uang masih sangat berpotensi terjadi di Pilkada Serentak 2018 mendatang. Maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mewaspadai segala bentuk politik uang. Terlebih lagi masa kampanye itu terjadi pada bulan Ramadhan. Demikian dikatakan Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja.

CELEBES NEWS – “Kita akan mewaspadai praktik politik uang pada. Pilkada Serentak 2018 ini. Terlebih lagi ada kondisi yang memang menuntut pengawasan lebih. Yaitu untuk Pilkada 2018 ini, pemungutan suara dilakukan dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Kampanye itu akan terjadi pada bulan Ramadhan sepertinya. Perlu kami waspadai politik uang berbalut kegiatan keagamaan,” kata Rahmat dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018) siang.

Namun Rahmat mengakui bahwa untuk menelisik hal tersebut juga akan sangat sulit. Misalkan bagi-bagi bingkisan zakat atau sodaqoh di bulan Ramadhan, hal tersebut adalah hal yang lumrah dilakukan orang pada bulan Ramadhan.

“Kita tidak bisa serta merta mengatakan ini politik uang, saat misalnya ada calon bupati bagi-bagi zakat ke banyak orang dari kaum dhuafa. Lalu ada acara santunan yatim piatu, taraweh bersama kaum miskin lalu bagi-bagi sarung. Belum lagi kalau secara adat itu dianggap wajar. Ini menjadi tantangan tersendiri. Walaupun kami tetap harus mengajak semua pihak memerangi politik uang yang mengotori demokrasi kita,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Sohibul Yakin Politik Uang Tak Kuat Pengaruhnya

JAKARTA – Politik uang hingga kini dianggap sebagai alat yang efektif untuk ‘m…