Home CAKRAWALA Harga Eceran BBM di Papua Lepas Kontrol

Harga Eceran BBM di Papua Lepas Kontrol

Comments Off on Harga Eceran BBM di Papua Lepas Kontrol
0
48

JAKARTA, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mewakili Papua Carles Simaremare mengapresiasi program BBM satu harga. Alasannya, program tersebut sangat berpihak kepada masyarakat di pedalaman, khususnya wilayah pegunungan tengah Provinsi Papua. Namun dia juga menyuarakan fakta bahwa banyak rakyat di Papua yang masih mempertanyakan program tersebut.

CELEBES NEWS – “Sejak digulirkan pada 2016, banyak yang mempertanyakan implementasi program tersebut dan apakah harga BBM yang ada di pegunungan Papua sudah sama seperti di daerah lain? Untuk itu kami ingin mendengar dari berbagai pihak, termasuk para lembaga penyalur dan dari Pertamina sendiri, ternyata banyak masalah yang dihadapi,” kata Carles dalam pernyataan persnya yang diterima Jum’at (12/1/2018) siang.

Menurut dia, usaha Pertamina untuk mensosialisasikan program BBM Satu Harga dan mengenai tanggung jawab perusahaan tersebut dalam mendistrusikan BBM, masih perlu dibantu banyak pihak, terutama pemerintah daerah. Terutama tantangan mengubah pola pikir masyarakat.

“Masalah utama adalah mengubah pola pikir masyarakat yang menganggap dengan BBM Satu Harga maka dimana pun kita membeli BBM maka harganya sama seperti di SPBU.
Faktanya tanggung jawab Pertamina hanya sampai di lembaga penyalur (APMS). Kalau sudah lewat dari situ bukan kewenangan Pertamina, tidak tahu kewenangannya siapa? Pemerintah daerah pun banyak yang lepas tangan sehingga faktanya harga BBM eceran susah terkontrol,” kata Carles.

Menurut dia, banyak hal yang perlu disinergikan yang terbangun antara Pertamina, pemerintah daerah dan aparat, supaya harga BBM (khususnya eceran) bisa terkendali. Maka para pemangku kepentingan harus duduk satu meja untuk menuntaskan hal tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Menlu Tepati Janji Pemerintah, Serahkan WNI Sandera Abu Sayyaf Kembali ke Keluarga

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyerahkan dua warga negara Indonesi…