Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Ada Buaya Muara, Masyarakat Perairan Muara Sungai Mentaya Diminta Waspada

Ada Buaya Muara, Masyarakat Perairan Muara Sungai Mentaya Diminta Waspada

Comments Off on Ada Buaya Muara, Masyarakat Perairan Muara Sungai Mentaya Diminta Waspada
0
114

SAMPIT, Warga yang sering beraktifitas di Sungai Mentaya harus perlu waspada dan berhati-hati. Karena Sang Buaya muncul lagi di daerah ujung Kecamatan Pulau Hanaut, Kotawaringin Timur.

CELEBES NEWS – Buaya muara yang menampakkan wujudnya berwarna kuning tersebut mempunyai ukuran yang lumayan besar yang mencapai panjangnya berkisar 6 meter.

Suriyadi, Warga sekitar perairan sungai sempat melihat reptil ganas tersebut pada saat melintas, pada hari Selasa (9/1/2018) sekitar pukul 11.00 WIB siang dengan tidak sengaja saat dirinya mengantarkan sejumlah penumpang untuk menyebrang dari Samuda Ke Pulau Hanaut.

“Barusan saya melihat buaya kuning timbul dilaut sekitar ujung Pulau Hanaut panjangnya sekitar enam meter dan warnanya kuning, ” kata Suriyadi yang memang sehari-hari melintas sungai dengan Kelotok.

Menurutnya, Kemunculan buaya tersebut pertanda bahwa buaya memasuki musim kawin. Sehingga akan sangat agresif mencari mangsanya.

Untuk itu dihimbau perlu berhati -hati dalam beraktifitas dibibir muara sungai. Buaya tersebut berkeliaran dan senang muncul bila air sungai yang tenang dan tidak berombak. Predator pemangsa tersebut sering muncul kepermukaan untuk mencari mangsanya.

”Hewan itu seperti lapar mau mencari mangsa dan kita perlu waspada dan berhati-hati bila bersentuhan di Sungai ini” Katanya.

Selain Suriyadi, salah satu penumpang perahu kelotok, Munaf yang juga melihat kejadian penampakan monster ganas pada saat itu mengaku buaya yang dia lihat sangat mengerikan dikarenakan warna wujud dari buaya tersebut berbeda warna dari buaya pada umumnya.

“Aku melihat buaya besar berbelet kuning muncul dilaut sekitar gosong dekat ujung Pulau itu. Waduh besarnya buaya kuning itu panjangnya enam meter,” Kata Munaf dengan serius.

Untuk diketahui sebelumnya, Warga Kelurahan Basirih Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) Samuda, yang tinggal dikampung Pamangkih sempat disambar buaya.

Korban bernama Rusmini (32) seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) kala itu, sedang membersihkan pakaian sekitar pukul 18.20 WIB malam di anak sungai samping rumah disambar buaya hingga menggigit kaki korban.

Warga komplek memukul bagian kepala binatang buaya yang kebetulan mengenai bola mata hingga melepaskan gigitannya.

Beruntung buaya lapar dan buas itu datangnya dari kolong rumah panggung korban hingga keagresifan predator pemangsa itu tak bisa berbuat banyak karena terhalang tiang-tiang rumah tersebut.

Rusmini yang memukul bagian kepala buaya yang menggigit kakinya dilepas dan korban selamat dengan menderita 7 mata luka gigitan. [Celebesnews.id]

Penulis : Fredric

Comments are closed.

Check Also

Desa Pulau Mambulau, Mendapat Kunjungan Program Quick Wins I Polairud

KUALA KAPUAS, Komandan Kapal Polisi (KP) Kepodang 5001 AKP Eko Yulianto bersama Kepala Des…