Home KAWANUA KAWANUA TOMOHON Sambut Natal, Kota Tomohon Sajikan Hiasan Besi Berkarat

Sambut Natal, Kota Tomohon Sajikan Hiasan Besi Berkarat

Comments Off on Sambut Natal, Kota Tomohon Sajikan Hiasan Besi Berkarat
0
431

TOMOHON, Min 2 H jelang perayaan Natal Yesus Kristus, pemandangan unik disajikan Kota Tomohon di Propinsi Sulawesi Utara.

CELEBES NEWS – Kota Bunga menjadi julukan Kota Tomohon, salah satu kota berhawa dingin di Propinsi Sulawesi Utara. Tomohon International Flower Festival (TIFF) menjadi event paling akbar yang sudah di gelar sejak tahun 2008 lalu.

Saat Celebesnews mengunjungi Kota yang berjarak 25 Km dari Ibu Kota Propinsi Sulut, Manado, tak tampak tampilan kota dengan nuansa Natal yang penuh pernak pernik Natal. Nuansa Natal tak seramai saat nasi jaha di hidangkan di jalanan aspal demi sebuah pencatatan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) beberapa bulan lalu.

Tampak sederetan besi berkarat yang berjejer sepanjang depan RS. Bethesda Tomohon. “Ini bangunan besi awalnya untuk tanaman merayap di Kota. Tapi bapak bisa lihat sendiri, tanamannya mati, sisa besi-besi berkarat,” ujar Reyno yang mengaku tinggal di Kakaskasen saat ditemui Celebesnews tengah melintas di trotoar tepat di bawah bangunan besi, Sabtu (23/12/2017) sore tadi.

Senada, Feyka, warga Tara-Tara yang sedang berbelanja kebutuhan Natal di pusat kota Tomohon mengakui pemandangan pusat kota tampak kusam. “Ini seperti pajangan barang rongsokan. Tomohon di juluki kota Bunga, tapi di pusat kota hanya tampak besi-besi berkarat. Hiasan Natal juga hanya di beberapa lokasi, hanya pohon terang seperti ini,” ujar Feyka, seraya menyesalkan kurangnya perhatian Pemkot Tomohon untuk merawat tanaman yang ada di sepanjang jalan.

Tak berbeda jauh dengan keduanya, Romy, karyawan swasta yang mengaku asli kelahiran Tomohon, mengkritisi kinerja Pemkot Tomohon yang tidak jalan dengan baik. “Ini dibuat pakai uang rakyat. Sepertinya, hanya di dirikan saja tanpa ada perawatan. Tanamannya mati. Ini pot-pot dan tanaman juga hilang, tinggal besi-besinya. Pemkot Tomohon sepertinya tidak serius mempercantik kota. Hiasan Natal pun cuma pohon begini. Tomohon itu penduduknya mayoritas Kristen, hiasan Natalnya di Kota hanya seperti ini,” kritik Romy.

Pantauan Celebesnews, tampak beberapa bangunan besi berbentuk pohon Natal yang di dirikan di trotoar. Tak tampak hiasan Natal yang biasanya menghiasi pusat kota Tomohon jelang Natal. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Asops Panglima TNI Tinjau Latihan Kodam XIII/Merdeka

Tomohon, Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI, Mayjen TNI Lodewyk Pusung Meninjau pelaksan…