Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA Natal Tiba, Pembersih Kubur Raup Jutaan Rupiah

Natal Tiba, Pembersih Kubur Raup Jutaan Rupiah

Komentar Dinonaktifkan pada Natal Tiba, Pembersih Kubur Raup Jutaan Rupiah
0
230

TONDANO, Ote, Pembersih kubur di Tondano ini bisa meraup Rp 5 – 7 juta selama seminggu jelang Natal.

CELEBES NEWS – Hari Natal membawa berkah tersendiri bagi segelintir profesi. Salah satunya, Pembersih Kubur.

Kesan angker tercium dari profesi langka ini. Namun tak sedikit orang begitu sangat membutuhkan jasa orang-orang ini jelang perayaan hari raya besar umat beragama.

Ote, pembersih kubur yang ditemui Celebesnews di pekuburan Tondano Sabtu (23/12/2017) siang bercerita, sejak memasuki bulan Desember, dirinya sudah mengantongi penghasilan Rp 8-10 juta. “Penghasilan itu bukan hanya hasil bersihkan kubur. Ada beberapa keluarga yang minta perbaiki makam keluarganya. Ada yang minta di buatkan makam keluarganya yang baru meninggal,” jelas Ote, yang mengaku sehari-hari berprofesi sebagai pekerja bangunan.

Ada yang minta cepat, karena sudah jadi tradisi, malam Natal 24 Desember, keluarga datang pasang likin di kubur,” katanya.

Lain halnya dengan Sonny. Lekaki paruh baya yang ditemui Celebesnews tak jauh dari tempat Ote sedang bekerja, mengaku diri per hari bisa mengantongi Rp 100 ribu – 200 ribu. “Saya hanya membersihkan kubur. Banyak Kubur disini yang jarang di datangi keluarga. Nanti dekat Natal begini, keluarga datang ziarah dan minta dibersihkan kubur keluarganya,” jelas Sonny yang ditemui sedang membersihkan sebuah makam sebuah keluarga.

Untuk besaran biaya atas jasanya, Sonny mengaku menerapkan dengan bervariasi. “Tergantung pekerjaan pak. Kalau seperti ini banyak rumputnya, habis itu minta di cat, biasanya sekitar Rp 200 – 300 ribu,” bebernya.

Pemandangan berbeda ditemui Celebesnews saat berkunjung ke pemakaman dekat pusat kota Tomohon. Pemakaman yang berdampingan dengan rumah penduduk ini sudah tampak bersih. “Sudah dibersihkan warga sejak minggu kemarin. Yah biasanya kita tagihkan biayanya ke keluarga pemilik makam yang ada tinggal di kita Tomohon,” cerita Michael.

Di pekuburan Tanawangko yang di kubjungi Celebesnews, warga melakukan gotong royong untuk membersihkan pemakaman umum. “Kalau di Tanawangko, sebagian besar keluarga masih tinggal disini. Jadi kita bergontong royong bersihkan kubur dari rumput dan ilalang,” jelas Sus, salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari pekuburan Tanawangko.

Besok pekuburan pasti ramai, karena banyak keluarga yang datang pasang lilin di malam Natal, tambahnya.

Yah, di Minahasa, menyalakan lilin di makam keluarga yang sudah meninggal di malam Natal sudah menjadi tradisi turun menurun. Keluarga datang berziarah dan berdoa di pemakaman.

Suasana haru menjadi pemandangan lazim di malam Natal. Dan malam Natal nanti, puluhan ribu batang lilin dinyalakan di pemakaman yang membuat pemakaman tampak terang benderang malam nanti. Tak jarang aroma kemenyan menambah kesan angker.

Tradisi ini tak hanya di Kabupaten Minahasa dan Tomohon, tapi berlangsung di seluruh daerah di Propinsi Sulawesi Utara. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Agenda Kerja, Presiden Resmikan PKB ke-40 di Bali

DENPASAR, Resmikan PKB, Jokowi langsung menabuh gong sebagai tanda dimulainya acara Pekan …