Home CAKRAWALA Tim Satgas Terpadu Berhasil Evakuasi Para Warga Yang Terisolir di Tembagapura

Tim Satgas Terpadu Berhasil Evakuasi Para Warga Yang Terisolir di Tembagapura

0
0
1,702

CELEBES NEWS – Polri bersama dengan TNI, yang tergabung dalam Tim Satgas Terpadu berhasil evakuasi masyarakat yang terisolir di Kampung Kimbeli Timika, dengan menggunakan Bus.

Kapolda Papua Irjen Pol. Boy Rafly Amar, Asops Kapolri Irjen Pol Mohamad Iwan Iriawan, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit langsung meninjau Kimbeli Timika.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafly Amar mengatakan, akan mengevakuasi para tahanan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Diakui Kapolda Boy Rafly, Kondisi jalan untuk menyelamatkan para tahanan yang dilakukan KKB tidak lah mudah untuk diatasi. Karena jalan yang ditempuh dalam kondisi rusak. Namun, dengan upaya yang gigih dari TNI-Polri akhirnya hambatan itu dapat diatasi.

Hal yang sama Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI George Enaldus Supit menegaskan, TNI –Polri berhasil dalam menggelar operasi pembebasan, dan tidak ada masyarakat yang jadi korban.

Diketahui, pada puķul 09.30 Kimbeli Banti sudah bisa dikuasai oleh Satgas yang dipimpin Dansat Brimob Papua dengan memukul mundur kelompok kriminal bersenjata yang sebelumnya berada di daerah tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM. Kamal mengatakan, rombongan pertama yang sudah dievakuasi ke Tembagapura telah berhasil sampai dan masih terus dilakukan evakuasi secara bertahap.

Kamal mengemukakan, masyarakat Asli Papua lahir dan besar di kimberli, longsoran tidak mau dibawa ke Mimika namun mereka meminta perlindungan dari satgas terpadu untuk tetap di kampung tersebut sampai situasi kembali aman dan kondusif, namun ada beberapa warga asli papua ikut ke Mimika karena keluarganya berada di Mimika.

Kamal mengungkapkan, jumlah masyarakat yang berhasil di evakuasi sebanyak 344 orang dengan perincian,
Dari Kampung Kimbeli: laki-laki sebanyak 104, Perempuan sebanyak 32 dan anak-anak 14 orang
Dari Kampung Longsoran: Laki-laki sebanyak 153 orang, perempuan sebanyak 31 dan anak-anak 10 orang. [Celebesnews]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Kader Gerindra Tewas Ditembak Oknum Brimob

BOGOR – Seorang pemuda asal Tomohon, Sulawesi Utara, tewas terkena tembakan oknum an…