Home CAKRAWALA Perkuat Kapasitas dan Tingkatkan Relawan-relawan, PMI Kotim Gelar Simulasi Posko

Perkuat Kapasitas dan Tingkatkan Relawan-relawan, PMI Kotim Gelar Simulasi Posko

0
1
2,106
Sampit, Simulasi Posko PMI adalah bentuk sebuah pengembangan PMI di Kalimantan untuk memperkuat kapasitas dan juga meningkatkan relawan-relawan akan kemampuan dalam menangani insiden dan keadaan darurat terhadap penanggulangan bencana.

CELEBES NEWS – Kepala Biro Sarana dan Prasarana Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Tia Kurniawan menilai evaluasi kinerja selama tiga hari berjalan dengan baik.

Tia berharap dukungan bagi pemerintah, instansi, dan relawan PMI lainnya untuk bisa menjadi pelajaran dan kerjasama dalam kegiatan yang selanjutnya dilaksanankan di Poso, Sulawesi Tengah tahun depan.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme peserta juga dari pemerintah daerah untuk dukungannya yang sangat luar biasa dan ini menujukkan bahwa pelatihan penyegaran dan logistik bukan hanya menanggulangi bencana melainkan masalah lintas sector,” Ucap Tia
Diketahui, PMI Kotawaringin Timur menggelar simulasi Pos Komando (Posko) Penyegaran dan Logistik pada tanggal 14-18 November 2017 yang bertempat di Indoor Stadion 29 November Sampit.

Simulasi Posko PMI adalah bentuk sebuah pengembangan PMI di Kalimantan untuk memperkuat kapasitas dan juga meningkatkan relawan-relawan akan kemampuan dalam menangani insiden dan keadaan darurat terhadap penanggulangan bencana.

Tujuan menyelenggarkan kegiatan ini untuk mensosialisasikan sarana dan prasarana terdiri dari Juknis logistik, posko, armada, pengadaan,  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengelolaan logistik dan posko.

Dan juga, membangun sinergi antara Logistik dan posko dengan sektor terkait di internal PMI, Membangun komitmen bersama terkait dengan alur komunikasi dan pelaporan Logistik dan Posko, mengidentifikasi kesenjangan sebagai dasar penguatan kedepan berkaitan dengan logistic dan Posko dan membentuk Tim Roaster Logistik dan Posko.

Diketahui, selama tiga hari Peserta simulasi difokuskan pada aspek logistik dan posko yang disampaikan melalui koordinasi dan kolaborasi dengan mitra yang ada di lokasi.

Dengan peserta yang berjumlah 115 orang yang berasal dari PMI Provinsi se Kalimantan tengah, seluruh Kabupaten/Kota dan peserta tambahan dengan biaya mandiri dari Sulawesi Selatan yang telah mengikuti kegiatan ini.

Peserta tidak hanya dari relawan PMI saja melainkan ada yang dari Perusahaan, Instansi, bahkan ada dari pemerintah dan mitra-mitra yang ada di Kalimantan. [Celebesnews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dana Kelurahan Jadi Polemik karena Dialokasikan dari APBN

JAKARTA – Dana Kelurahan yang dinyatakan Presiden Joko Widodo menimbulkan polemik. H…