Home CAKRAWALA Gitaris ROR D’Bandhits: Pembajakan Rugikan Musisi

Gitaris ROR D’Bandhits: Pembajakan Rugikan Musisi

0
3
1,877

Sampit, Permasalahan Musisi Indonesia menjadi krisis yang harus dihadapi baik perubahan maupun ruang lingkup yang menjadi dampak pengaruh bagi musisi dan seniman.

CELEBES NEWS – Musisi Gitaris ROR D’Bandhits Pupun Dudiyawan saat manggung acara 1st Anniversary Storia Caffe Sampit Kemarin (17/11/2017) berpendapat bahwa masalah musisi dan seniman-seniman dikarenakan faktor Perubahan misalnya zaman era rilisan fisik (CD Musik) yang mengubah ke digital (Spotify, Itunes).

Pupun berharap perubahan zaman digital tidak berpengaruh pada penurunan kreativitas musisi dan seniman-seniman untuk tetap terus bekarya di mana era perubahan yang harus tetap dijalanin bisa dihindari namun pelaku industri musik dan seniman yang berkarya otomatis harus mengikuti zaman.

Selain itu, lanjut Pupun, permasalahan pembajakan musik masih belum bisa ditangani dengan baik, di era digitalisasi pembajakan musik mulai merambah ke ranah digital melalui internet cloud storage dan torrent untuk saling berbagi bertukar file.

“Jelas kalau pembajakan itu harus dibasmi karena melanggar hukum, tapi yang saya tahu sebetulnya ternyata di dalam ada oknum label yang dikuasi mafia sebetulnya bagian dari itu buat saya sebetulnya menjadi dilema tapi bagaimanapun juga tetep harus dibasmi walaupun sampai sekarang buktinya nggak ada,” Pupun.

Merilis music cover orang lain, katanya, untuk bertujuan komersial harus tetap ada ijin dari pihak yang punya, tidak hanya artis saja yang berkoar music cover saja tetapi peran publishing yang bergerak untuk melindungi hak kekayaan intelektual.

“Buat saya sebetulnya misalnya kita mencover lagu orang lain dan sebagainya itu tidak masalah sebenarnya cuman itu menjadi masalah ketika orang mengunggah cover orang lain di youtube kemudian monotizenya dijalanin untuk mendapatin uang dari situ”. Katanya.

Pupun menambahkan, kunci untuk meningkatkan kualitas musisi untuk tetap loyal kepada penggemar ialah musisi harus jujur dan setia.
Kedua menurutnya, tetap konsisten dan menjaga eksistensi dalam bekarya supaya orang tahu bahwa bagaimana musisi memberikan menyentuh kepada penggemar dengan menyalurkan karya-karya musisi dan seniman.

“Dituntut untuk berkarya apapun itu bentuknya entah youtube, bikin solo, dan yang penting lagi musisi dan seniman harus dibekali tidak hanya jago berkarya saja namun musis harus punya attitude yang baik supaya penggemar merasa nyaman dengan dia.” katanya. [Celebesnews]

Penulis : Fredric

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dana Kelurahan Jadi Polemik karena Dialokasikan dari APBN

JAKARTA – Dana Kelurahan yang dinyatakan Presiden Joko Widodo menimbulkan polemik. H…