Home CAKRAWALA Kerjasama Pemkab Bulukumba dan USAID dalam Pembangunan IPAL

Kerjasama Pemkab Bulukumba dan USAID dalam Pembangunan IPAL

0
0
2,087

Makassar, Dalam rangka melanjutkan program Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Bulukumba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bekerjasama dengan USAID (United States Agency for International Development) untuk mewujudkan program tersebut.

CELEBES NEWS – Kerjasama antara Pemkab Bulukumba dan USAID ini dilakukan karena bangunan Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL) selama ini telah menghabiskan anggaran besar, namun tidak termanfaatkan secara maksimal dan sudah mulai mengalami kerusakan. Sehingga pihak USAID dan Pemkab Bulukumba mengambil langkah konkret dan serius dalam menyikapi persoalan ini.

Tim Leader Program USAID Sofyan Iskandar, memberikan laporan setelah melaksanakan kunjungan ke lokasi IPAL, pihaknya menemukan beberapa fakta-fakta tentang kondisi bangunan tersebut, sehingga perlunya duduk bersama antara USAID dengan Pemkab.

Temuannya yaitu ada beberapa kerusakan pada bangunan tersebut disebabkan karena tidak adanya petugas pengelola yang  bertanggungjawab terhadap bangunan tersebut, sehingga diharapkan Pemerintah Kabupaten segera membentuk Instansi Pengelola Air Limbah.

“Perlu dibentuk unit kerja yang mengelola, mulai dari proses perencanaan sampai dengan beroperasinya IPAL ini,” jelas Sofyan.

Sementara itu Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dalam diskusi, memberikan warning kepada seluruh OPD yang terlibat dalam program ini untuk segera menuntaskan pelaksanaan pembangunan IPAL domestik ini.

“Kita harus bekerja cepat dan tepat,  sehingga apa yang kita rencanakan ini bisa selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” terang M Sukri saat jadi pembicara di diskusi tersebut, Rabu (15/11/2017) di Hotel Clarion Makassar.

Bupati mengharapkan Satuan Kerja (Satker) dan USAID harus mendapatkan titik temu, sehingga pekerjaan tersebut tidak terkesan jalan sendiri-sendiri.

Menurutnya diperlukan analisa yang cermat dalam melanjutkan pembangunan IPAL Domestik tersebut, mulai dari tahapan perencanaan,  pelaksanaan hingga pemeliharaannya.

Bupati Bulukumba mengucapkan terima kasih kepada USAID yang telah membantu Pemkab Bulukumba dalam mengatasi persoalan-persoalan yang ada, dan kembali menekankan kepada OPD yang terlibat, untuk serius dalam pelaksanaan kegiatan ini. [celebesnews.id]

Penulis : Ayatullah/Dedy Hasta

Editor: Mona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kalah dari Rusia, 3-1, Pelatih Hector Cuper Terancam Dipecat

MOSCOW, Atas kekalahan Mesir dari Rusia 1-3, maka Timnas Mesir adalah negara pertama yang …