Home CAKRAWALA Asyiknya Festival Mandi Safar 2017 di Kota Sampit

Asyiknya Festival Mandi Safar 2017 di Kota Sampit

0
0
2,716

Sampit, Cuaca terik matahari pada siang hari (15/11/2017) menyinari lokasi Ikon Jelawat dan Sungai Mentaya, Pelabuhan Sampit. Masyarakat Kotim tidak sabar ingin berendam lompat ke Sungai Mentaya untuk membersihkan diri.

CELEBES NEWS – Mandi Safar 2017 adalah Tradisi budaya masyarakat muslim di Kotim yang menjadi destinasi Pariwisata Kotim tujuannya untuk silahturahmi, menyucikan, menyejukkan, dan menolak bala dari hal yang tidak diinginkan.

Selain Mandi Safar, Ada perlombaan dan hiburan yang mengisi dalam kegiatan Mandi Safar diantaranya Lomba Kaligrafi, Lomba Fashion Show Muslim, Loncat Indah, dan Doorprize Lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim Fajrurrahman mengatakan Tradisi Mandi Safar 2017 mampu menarik perhatian wisatawan dari luar sampit yang ingin melihat dan mengabadikan momen yang diselenggarakan setiap tahun di sungai Mentaya, namun dia mengatakan tradisi ini tidak berkaitan dengan hal yang mistis.

“Tradisi ini tidak ada hubungannya dengan tolak bala atau hal yang mistis, tradisi ini sebagai hal yang individual untuk membersihkan diri dari sifat-sifat hal yang negatif, kita berendam di sungai untuk menyegarkan dan mengoreksi diri agar pikiran dan perbuatan kita lebih baik kedepannya, semua itu kembali ke pribadi masing-masing”. Katanya.

Salah satu Mahasiswi dari Atma Jaya Jakarta Fakultas Hukum bersama rombongan mahasiswa yang berkunjung pertama kalinya untuk ke Kota Sampit untuk meneliti Hukum Adat di Kota Sampit dan menyaksikan Mandi Safar, Dia mengatakan bahwa masyarakat Kota Sampit sangat erat dengan Bersilahturahmi.

“Ini menjadi pelajaran bagi Masyarakat Jakarta yang masih bergantung dengan sosial Individualisme, Karena masyarakat Sampit bagiku menyatu banget dengan kebersamaan dan kerukunan” Kata Siti Mulyadi Mahasiswi Atma Jaya Jakarta. [Celebesnews.id]

Penulis : Fredric

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Hoaks Capai Ribuan Perhari, Aparat Berwenang Harus Bertindak

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) prihatin dengan temuan Polri, bahw…