Home CAKRAWALA HUKUM Divonis 1 Tahun dan 6 Bulan Penjara, Buni Yani Tidak Ditahan

Divonis 1 Tahun dan 6 Bulan Penjara, Buni Yani Tidak Ditahan

0
0
2,886

Bandung, Putusan hakim Buni Yani tidak ditaham.

CELEBES NEWS – Ketua Majelis Hakim M. Saptono menjatuhkan vonis hukuman terhadap Buni Yani, selama 1 tahun dan 6 bulan penjara.

“Menimbang bahwa selama persidangan terdakwa (Buni Yani) tidak ditahan. Tidak cukup alasan untuk ditahan, maka terdakwa tidak ditahan,” kata Saptono, di Gedung Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip), Jl. Seram, Kota Bandung, Selasa (14/11/2017).

Meski divonis bersalah, Buni Yani tidak mendekam di penjara. Buni masih leluasa menghirup udara segar.

Terkait vonis tersebut, Kuasa hukum Buni Yani, Aldwin Rahardian menolak atas putusan Hakim. Aldwin menegaskan, banding atas putusan kliennya.

“Kami akan banding karena fakta persidangan tidak sesuai,”kata Aldwin.

Diketahui, Buni Yani bersalah atas perbuatannya mengunggah video pidato Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 di laman Facebook miliknya.

Selain itu, Buni didakwa telah mencantumkan keterangan berupa transkrip video pidato Ahok yang tidak sesuai dengan transkrip yang asli.

Buni juga didakwa menghilangkan kata “pakai” saat Ahok menyinggung Surat Al Maidah dalam pidatonya.

Perbuatan Buni Yani dinilai telah menenuhi unsur Pasal 32 ayat 1 dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE melakukan ujaran kebencian serta mengedit isi video pidato Ahok.

Vonis yang disematkan kepada Buni Yani lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yang menuntut Buni 2 tahun penjara, dan denda Rp 100 juta. Subsider 3 tahun kurungan. [Celebesnews]

Penulis: Ralian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bocah SD, Bandar Narkoba di Makassar Buron

MAKASSAR, Seorang anak usia 14 tahun diamankan Polsek Tallo, Makassar setelah kedapatan me…