Home CAKRAWALA HUKUM MA Terima PK Pemkot Manado, Kabag Hukum: IMB PT. FBF Sah

MA Terima PK Pemkot Manado, Kabag Hukum: IMB PT. FBF Sah

0
0
2,602

Manado, Pemkot Manado menghormati keputusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan pihak Pemohon yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) sebagai Tergugat I yang sekarang menjadi kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Dinas Tata Kota sebagai Tergugat II yang sekarang menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Manado serta PT. Filadelfia Blessing Family (FBF) sebagai Tergugat III Intervensi.

CELEBESNEWS – Sesuai hasil rapat permusyawaratan MA, Kamis 7 September 2017 yang dihadiri Dr. H. Supandi, SH, M.Hum sebagai Ketua Muda MA RI urusan Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negera yang ditetapkan Ketua MA sebagai Ketua Majelis, Dr. H.M. Hary Djatmiko, SH, M.S dan Dr. H. Yulius, SH, M.H, dibantu Panitera Pengganti, Andi Nur Insaniyah, SH mengambulkan permohonan PK tergugat I (BP2T), II (Dinas Tata Kota) dan III selaku tergugat intervensi (PT FBF)

Putusan yang tertuang dalam amar putusan perkara PK Tata Usaha Negara nomor : 130PK/TUN/2017 itu sekaligus membatalkan putusan MA nomor 288/K/TUN/2016 tentang kasasi yang dimenangkan pihak penggugat pada tertanggal 5 Oktober 2016 lalu.

“Sesuai putusan PK, gugatan penggugat tidak dapat diterima atau NO, dengan demikian IMB yang dikeluarkan BP2T Kota manado telah sesuai perundang-undangan,” kata Kabag Hukum Pemkot Manado, Budi Yanti Putri, SH.

Lanjut Jaksa yang diperbantukan di Pemkot Manado ini, IMB milik PT FBF untuk pendirian gedung bertingkat permanen, Apartemen dan Condotel The Lagoon Tamansari di kawasan Reklamasi Bahu, Kecamatan Malalayang sudah sudah tidak bermasalah lagi.

“Benar. Karena itu sebagaimana putusan PK yang kami terima. Kalau Hakim Agung MA telah membatalkan gugatan penggugat,” terang Yanti.

Diketahui, pemerintah Kota Manado melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Dinas Tata Kota, dijadikan tergugat I dan II oleh Priscilia Angelica Jill Turangan. Pengembang PT Filadelfia Blessing Family, dijadikan tergugat III Intervensi.

Menurut Penggugat, indikasi pelanggaran aturan, Tergugat I telah menerbitkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nomor : 202/7137/2000/IMB/BP2T/X/2012, tertanggal 4 Oktober 2012, untuk dan atas nama PT Filadelfia Blessing Family (Tergugat III intervensi).

Indikasi pelanggaran berikutnya menurut Penggugat, Tergugat II telah memberikan Surat Rekomendasi nomor : 1625/D.10/IMB/VIII/2012, tertanggal 6 September 2012, untuk menerbitkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk dan atas nama Tergugat III intervensi guna membangun gedung bertingkat Apartemen Tamansari Lagoon dan Condotel

Penggugat melalui kuasa hukumnya Handry Poae, SH dan rekan menilai, Pemerintah Kota Manado telah menabrak aturan yang dibuat sendiri, yaitu Peraturan Derah (Perda) nomor 30 Tahun 1997 tentang Bangunan Gedung, dengan menerbitkan IMB kepada pengembang Tamansari Lagoon, PT Filadelfia Blessing Family.

Penggugat juga menilai, Pemkot Manado juga menabrak pasal 37 ayat (11) huruf a, yang berbunyi : Khusus untuk bangunan dengan ketinggian lebih dari 5 lantai, letak geografis konstruksi bangunan terluar pada bagian samping berbatasan dengan tetangga, bilamana tidak ditentukan lain adalah berjarak minimal 4 meter yang diukur dari batas persil tetangga.

Pasca gugatan ini bergulir di meja pengadilan sejak 2015, sempat menjadi momok para investor di Kota Manado. Terkesan, ada penolakan masyarakat Manado terhadap investasi mereka sampai berbuntut ke meja pengadilan.

“Sepanjang tidak menyalahi aturan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tidak pernah melarang invenstor datang ke Manado. Malah Pemkot Manado mendukung jika berinvestasi di Manado sepanjang mengikuti aturan yang ada,” kunci Yanti. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Polri Membantah Tudingan Barter SP3 Habib Rizieq dengan Sukmawati

JAKARTA – Polri menyebut keluarnya keputusan menghentikan kasus chat porno Rizieq da…