Home CAKRAWALA LWI Ajak Warga Makassar Cinta Dunia Literasi

LWI Ajak Warga Makassar Cinta Dunia Literasi

0
0
2,503

Makassar, Reading index Indonesia ternyata masih ada di angka 0,001. Artinya dari 1.000 masyarakat Indonesia hanya satu orang yang gemar membaca.

CELEBES NEWS – Lembaga Writerpreneur Indonesia (LWI) menggelar bedah buku dan workshop kepenulisan,  Di Aula Prof. Mattulada Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin, Minggu (12/11/2017).

Dalam bedah buku dan workshop ini mengambil thema  “Merangkai Kata, Meraih Berkah” diikuti oleh sekitar 50-an peserta yang berasal dari siswa menengah atas, mahasiswa Perguruan Tinggi dan beberapa komunitas literasi yang ada di Kota Makassar.

LWI menggelar acara tersebut adalah menyosialisasikan kepada masyarakat Makassar, khususnya yang memiliki kecintaan kepada dunia litarasi.

Ketua LWI, Adi Wijaya menyampaikan, bahwa keberadaan LWI bertujuan untuk menjadi wadah berkumpulnya pada penulis, khususnya penulis pemula.

Adi menyatakan bahwa, khusus di Makassar sudah mulai bertumbuh komunitas-komunitas literasi, dan LWI menjadi salah satunya. Selain itu, yang menjadi fokus LWI adalah melatih para penulis untuk bisa menghasilkan karya yang inspiratif sekaligus memiliki nilai jual.

“Writerpreneur, penggabungan dari dua kata yaitu writer dan enterpreneur. Penulis dan bisnis. Jadi ke depan kami memiliki impian agar penulis tidak sekadar memiliki kemampuan menulis saja, tetapi punya naluri bisnis sehingga bisa mempromosikan dan menjual karyanya, ” kata Adi.

Dalam acara bedah buku yang menghadirkan tiga anggota LWI yang telah berhasil menerbitkan buku, yakni Rustan Ibnu Abbas yang membedah buku berjudul Selubung Merah Jambu Cinta dan Pernikahan, Mukhammad Yusuf yang membedah bukunya yang berjudul What is the Next dan Ary Adiatma yang membedah buku berjudul 7 Jurus Rahasia Anti Gagal Dakwah.

Dalam bedah buku ini lebih banyak membahas tentang proses kreatif hingga berhasil menerbitkan buku. Termasuk suka duka saat meniti karier sebagai penulis pemula.

Setelah pelaksanaan Bedan Buku acara dilanjutkan dengan Workshop Kepenulisan. “Menulis adalah sebuah keterampilan. Tidak bisa dipelajari hanya dengan teori. Jika ingin menjadi penulis yang andal, maka kuncinya adalah perbanyak jam terbang. Perbanyak praktek. Menulis, menulis dan menulis” Jelas Adi saat memberikan pengantar sesaat sebelum memasuki sesi Workshop Kepenulisan.

Di sesi Workshop Kepenulisan ini, seluruh peserta diwajibkan untuk menuliskan idenya di atas dua halaman kertas. Tema yang dipilih adalah tentang kepahlawanan.

Celebesnews.id – Narasumber dalam Bedah Buku dan Workshop Kepenulisan LWI. | Foto: Ady

Dari hasil tulisan ini, panitia akan memilih 25 tulisan terbaik dan insya Allah akan dibukukan dalam buku antologi. Jadi dari Workshop Kepenulisan ini peserta bisa langsung memiliki karya. Karena dunia kepenulisan adalah dunia yang membutuhkan bukti karya.

Hadir sebagai pembicara tamu dalam bedah buku dan Workshop itu Wakil Walikota Makassar, Dr. H. Syamsul Rizal MI, S.Sos., M.Si.
Dalam paparannya, Wakil Walikota Makassar menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta. Disaat banyak anak muda yang lebih memilih menghabiskan akhir pekannya dengan liburan, ternyata masih ada puluhan pemuda Makassar yang memilih untuk hadir mengasah kemampuan menulisnya.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni, S.Sos., juga turut berbagi inspirasi melalui materi tentang Motivasi Membaca dan Menulis. Dalam materinya, disampaikan beberapa data tentang tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Misalnya reading index Indonesia ternyata masih ada di angka 0,001. Artinya dari 1.000 masyarakat Indonesia hanya satu orang yang gemar membaca.

Meurut Tulus, ini merupakan tantangan kepada Dinas Perpustakaan dan kepada para pecinta literasi untuk lebih banyak bekerja. Khusus untuk Kota Makassar, presentase minat baca masyarakat sudah ada di angka 39% dan Dinas Perpustakaan akan terus bekerja agar minat baca masyarakat terus meningkat.

Menurutnya, salah satunya melalui sinergi dengan LWI, sebagai salah satu komunitas literasi di Kota Makassar. [Celebesnews]

Penulis:  Ady/Dedy Hasta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Hoaks Capai Ribuan Perhari, Aparat Berwenang Harus Bertindak

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) prihatin dengan temuan Polri, bahw…