Home CAKRAWALA HUKUM Gugatan Bangunan Tamansari Lagoon, MA Menangkan Pemkot Manado

Gugatan Bangunan Tamansari Lagoon, MA Menangkan Pemkot Manado

0
0
3,358

Manado, Mahkamah Agung (MA) akhirnya mengabulkan permohonan Peninjauan Kembali (PK) pihak Pemohon yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) yang sekarang menjadi kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Dinas Tata Kota yang sekarang menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Manado serta PT. Filadelfia Blessing Family.

CELEBES NEWS – Tim kuasa Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Franklin A. Montolalu, SH dan rekan saat jumpa pers di Best Western The Lagoon Hotel Manado, menjelaskan dikabulkannya permohonan Pemohon PK oleh MA ini memupus harapan pihak Termohon Prisca Angelika Jill Turangan melalui kuasa hukumnya Handri Piter Paoe, SH atas polemik bangunan Apartemen Tamansari Lagoon dengan pengembang PT. Filadelfia Blessing Family.

“Putusan MA nomor 130 PK/TUN/2017 ini juga menyatakan membatalkan putusan MA sebelumnya tanggal 5 Oktober 2016, nomor 288 K/TUN/2016. Dengan dikabulkannya permohonan PK ini, MA menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima,” jelas Montolalu didampingi Legal Officer Lagoon, Kris.

Tentang IMB, syarat formil tidak terpenuhi karena tenggang waktu 90 hari sudah kadaluarsa, karena IMB digugat Maret 2015, sementara IMB keluar Oktober 2012, jelasnya.

Diketahui, pemerintah Kota Manado melalui Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Dinas Tata Kota, dijadikan tergugat I dan II oleh Priscilia Angelica Jill Turangan. Pengembang PT Filadelfia Blessing Family, dijadikan tergugat III Intervensi.

Menurut Penggugat, indikasi pelanggaran aturan, Tergugat I telah menerbitkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) nomor : 202/7137/2000/IMB/BP2T/X/2012, tertanggal 4 Oktober 2012, untuk dan atas nama PT Filadelfia Blessing Family (Tergugat III intervensi).

Indikasi pelanggaran berikutnya menurut Penggugat, Tergugat II telah memberikan Surat Rekomendasi nomor : 1625/D.10/IMB/VIII/2012, tertanggal 6 September 2012, untuk menerbitkan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk dan atas nama Tergugat III intervensi guna membangun gedung bertingkat Apartemen Tamansari Lagoon dan Condotel

Penggugat melalui kuasa hukumnya Handry Poae, SH dan rekan menilai, Pemerintah Kota Manado telah menabrak aturan yang dibuat sendiri, yaitu Peraturan Derah (Perda) nomor 30 Tahun 1997 tentang Bangunan Gedung, dengan menerbitkan IMB kepada pengembang Tamansari Lagoon, PT Filadelfia Blessing Family.

Pada pasal 109 ayat 3 disebutkan bangunan bertingkat yang permanen tidak melebihi dari 10 lantai. Diketahui, apartemen Tamansari Lagoon memiliki ketinggian hingga 29 lantai.

Penggugat juga menilai, Pemkot Manado juga menabrak pasal 37 ayat (11) huruf a, yang berbunyi : Khusus untuk bangunan dengan ketinggian lebih dari 5 lantai, letak geografis konstruksi bangunan terluar pada bagian samping berbatasan dengan tetangga, bilamana tidak ditentukan lain adalah berjarak minimal 4 meter yang diukur dari batas persil tetangga.

Pada sidang gugatan class action di tahun 2015 lalu, penggugat telah mengajukan beberapa bukti indikasi pelanggaran aturan, yakni berupa pemanfaatan tata ruang, ketinggian bangunan, jarak bebas antara bangunan yang lain, pemanfaatan koefisien dasar bangunan dan pelanggaran terhadap analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

“Terkait Amdal, sudah tidak menjadi masalah,” kunci Montolalu. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Besuk Suami di Rutan Polda, PNS Mabes Polri Ditangkap Bawa Sabu 7 Gram

JAKARTA, Barang bukti yang kami sita yakni tujuh paket plastik kecil yang diduga kuat nark…