Home GORONTALO PROVINSI GORONTALO Mulai 1 Januari, Gorontalo Gunakan Transfer Nontunai

Mulai 1 Januari, Gorontalo Gunakan Transfer Nontunai

0
0
1,931

Gorontalo, Tidak ada lagi di kantor-kantor brankas menyimpan uang tunai, semua transaksi menggunakan instrumen seperti cek, bilyet, dan giro.

CELEBES NEWS – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, Pemerintah Provinsi Gorontalo, terhitung mulai 1 Januari 2018 akan mulai menerapkan transaksi nontunai (TNT), meliputi transaksi penerimaan dan pengeluaran keuangan daerah.

Hal itu dilakukan, berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900/1866/SJ. Pasalnya, transaksi nontunai akan menggunakan instrumen berupa alat pembayaran dengan menggunakan kartu, cek, bilyet giro, uang elektronik dan sejenisnya.

“Jadi di kantor-kantor tidak ada lagi brankas yang menyimpan uang tunai, semua transaksi menggunakan instrumen seperti cek, bilyet, dan giro,” kata Idris,  saat membuka sosialisasi transfer nontunai, Jumat (10/11/2017).

Sosialisasi TNT diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, pimpinan perbankan, serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Gorontalo, dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Bank Indonesia, dan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, percepatan implementasi nontunai merupakan salah satu aksi dalam transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan, hal ini juga merupakan salah satu aksi dalam mencegah terjadinya penyalagunaan kewenangan.

Berkaitan dengan implementasi tersebut, Wagub mengingatkan seluruh pihak terkait untuk berkomitmen dan mengawasi pelaksanaannya, di samping itu, pihaknya juga menginstruksikan untuk segera membuat aturan-aturan yang mendukung pelaksanaan implementasi dari nontunai.

“Termasuk menyiapkan sistem aplikasi informasi yang terintegrasi antar SKPD, dan terpenting juga untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mendukung pelaksanaan tersebut,” tegas Wagub.

kepala Dinas Keuangan dan Aset Daerah pemprov Gorontalo, Sutan Rusdi mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pencerahan dan pemahaman tentang penerapan nontunai.

“Melalui sosialisasi itu diharapkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo dapat segera menerapkan transaksi nontunai sesuai batas waktu yang telah ditentukan,” kata Sutan Rusdi. [Celebesnews]

Penulis: Simon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cegah Korupsi, Gorontalo Kenalkan Pembayaran Pajak Kendaraan

Gorontalo, Melalui aplikasi e-Samsat, setiap wajib pajak kendaraan bermotor memperoleh kep…