Home CAKRAWALA POLITIK Ketua KPU Sulsel : Syarat Cagub dan Cawagub Jalur Perseorangn Dibutuhkan 480.124 KTP

Ketua KPU Sulsel : Syarat Cagub dan Cawagub Jalur Perseorangn Dibutuhkan 480.124 KTP

0
0
2,143

Makassar,  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 akan digelar serentak di Seluruh Indonesia. Sebanyak 17 Provinsi akan ikut bertarung dalam pemilihan gubernur yang akan digelar serentak pada 27 Juni 2018. Salah satunya pemilihan akan terjadi pertarungan sengit di antara kandidat calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan. Pasalnya, Gubernur Sulsel Syaril Yasin Limpo tidak bisa mencalonkan lagi untuk menjabat yang ketiga kalinya karena terbentur undang-undang yang mengharuskan hanya dua periode saja jabatan gubernur.

CELEBES NEWS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan Iqbal Latief, di kantor KPU Provinsi Sulsel, Jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Kamis 9/11/2017, mengatakan, dalam Pilkada Cagub dan Cawagub bisa melalui jalur partai politik, dan jalur perseorangan.

Untuk jalur perseorangan, Iqbal mengatakan, diharuskan mendapat dukungan minimal 480.124 Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Dukungan itu, Iqbal menuturkan, minimal tersebar di 13 kabupaten kota se Sulsel dengan format dukungan berupa kolektif atau perorangan.

Dia mengemukakan, jalur perseorangan dilaksanakan lebih awal dari jalur Partai Politik atau mulai diserahkan pada November 2017. Iqbal mengatakan, penyerahan berkas dukungan untuk perseorangan dimulai 22-26 November 2017. Setelah diserahkan dan dinyatakan lolos, calon perseorangan bisa mendaftar bersamaan dengan jalur partai pada Januari 2018.

Iqbal menuturkan, sementara untuk verifikasi, tim penyelenggara di semua tingkatan, pihaknya akan mendatangi rumah setiap pemilik KTP. Bila berhalangan bisa menggunakan video call, untuk memastikan dukungan apakah benar atau salah.
Iqbal menegaskan, dan bila ditemukan tidak sesuai dukungan maka dikenakan denda bagi para bakal calon guburnur dan wakil gubernur yang bertarung Pilkada lewat perseorangan itu. [Celebesnews]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

PDIP Usung Jokowi 2 Kali

DENPASAR, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri langsung menyampaikan keputusan…