Home KOTA KOTA MANADO DPRD KOTA MANADO Pinjaman Dana ke PT. SMI Wali Kota Minta Dukungan DPRD

Pinjaman Dana ke PT. SMI Wali Kota Minta Dukungan DPRD

Comments Off on Pinjaman Dana ke PT. SMI Wali Kota Minta Dukungan DPRD
0
2,345

Manado, Dana pinjaman ini kita akan gunakan sebaik-baiknya, untuk kepentingan membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Kota Manado. Karena, APBD kita tidak cukup, maka perlu penambahan anggaran dari pinjaman daerah ini

CELEBES NEWS – Wali Kota Manado Vicky Lumentut dihadapan Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam rangka pembahasan KUA-PPAS APBD 2018 yang berlangsung Senin (6/11/2017) juga menjelaskan alasan peminjaman dana sebesar 200 miliar Pemkot Manado melakukan pinjaman dana kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)

Dalam penjelasannya Wali Kota Vicky Lumentut mengatakan bahwa Pemkot Manado kekurangan dana dan mengalami defisit anggaran lebih dari Rp300 Miliar untuk membangun infrastruktur kota pada tahun anggaran 2018 mendatang.

“Oleh karena itu maka Pemkot Manado berencana mengajukan pinjaman daerah sebesar Rp200 Miliar kepada PT SMI, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), atau lembaga keuangan non perbankan dan hal ini perlu dukungan penuh dari para anggota DPRD Kota Manado” ujar Wali Kota Vicky Lumentut

Lebih lanjut Wali Kota Mengatakan bahwa, pengajuan pinjaman tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam acara Rapat Kerja Nasional dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017 bersama Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia, di Istana Negara Jakarta, 24 Oktober lalu.

“Dalam rapat paripurna yang terhormat ini, saya ingin menyampaikan rencana pemerintah Kota Manado untuk mengajukan pinjaman daerah ke PT SMI, dalam rangka membiayai pembangunan infrastruktur kita di Kota Manado. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kerja beberapa waktu yang lalu,” jelas Wali Kota Vicky Lumentut

Wali Kota juga menjelaskan dana pinjaman sebesar Rp200 Miliar itu akan digunakan untuk membiayai pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), pembangunan kembali Pasar Bersehati Manado dan perbaikan jaringan air bersih di Kota Manado.

“Dana pinjaman ini kita akan gunakan sebaik-baiknya, untuk kepentingan membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat Kota Manado. Karena, APBD kita tidak cukup, maka perlu penambahan anggaran dari pinjaman daerah ini. PT SMI adalah BUMN atau lembaga keuangan non bank di bawah Kementerian Keuangan,” kata Lumentut.

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Manado mengaku setuju dengan rencana peminjaman dana Pemkot tersebut. Bahkan, mereka menilai kebijakan itu merupakan terobosan pemerintah dalam mengupayakan dana untuk pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan rakyat Manado.

“Untuk membahas rencana pinjaman daerah ke PT SMI, DPRD Manado akan segera membentuk Panitia Khusus (Pansus), sedangkan untuk menindak lanjuti penjelasan Wali Kota Manado terkait KUA/PPAS, akan dilaksanakan pertemuan antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Manado dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Manado” kata Ketua DPRD Kota Manado Noortje Van Bone. [Celebesnews]

Penulis : Rurry Lucas

Comments are closed.

Check Also

De Blouwe: Motor Sampah dan Penarikan Retribusi Sampah di kelurahan Belum Maksimal

Manado, Kinerja yang dihasilkan motor sampah untuk mengangkut sampah milik warga di rumah …