Home KAWANUA KAWANUA SULUT Buruh Ancam Demo Gubernur Olly Jika UMP Tidak Capai Rp 3 Juta

Buruh Ancam Demo Gubernur Olly Jika UMP Tidak Capai Rp 3 Juta

0
0
2,405

Manado, Slogan Sulut Hebat di ganti saja Jika gubernur tidak memperhatikan nasib kaum buruh.

CELEBES NEWS – Menjelang kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulawesi Utara yang akan di umumkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Rabu (1/10/2017) besok, mendapat tanggapan dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Sulut.

Sekretaris KSBSI Sulut Romel Sondakh meminta Kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar UMP Sulut tahun 2018 nanti bisa menyetuh pada angka Rp. 3 juta. Sampai saat ini UMP Sulut kisaran Rp 2,59 juta.

“Itu angka yang realistis dan angka tersebut berdasarkan tingkat kebutuhan hidup layak seorang buruh di Sulut di tahun 2018, sehingga menurut kami perubahan UMP sulut tahun 2017 dari Rp. 2.598.000 ke Rp.3.000.000 itu hanya uuntuk menyesuaikan kenaikan kebutuhan pokok dari tahun 2017 ke 2018” ujar Sondakh.

Sondakh menuturkan, bahwa Gubernur Sulut harus berani mengambil langkah – langkah kongkrit untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sulaweai Utara khususnya kaum buruh.

“Sesuai UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, kenaikan UMP harus berdasakan hasil survey dewan pengupahan, pertumbuhan ekonomi dan inflasi daerah, bukan mengacu pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional” kata Sondakh.

Sondakh mengimbau, pemerintah jangan buat regulasi yang bertabrakan dengan undang – undang di atasnya, seperti contoh Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tentang pengupahan dan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenaga Kerjaan tahun 2017, yang mewajibkan kenaikan ump hanya 8,71 % dari ump/umk sebelumnya.

“Jadi sudah jelas regulasinya. Jangan Pemerintah Provinsi membuat regulasi baru lagi, dan kalau Pemerintah Provinsi membuat regulasi baru itu dasarnya dari mana?. Jadi jangan mengeluarkan keputusan karna titipan atau kepentingan kaum kapitalis” Jelas Sondakh.

Sondakh mengatakan bahwa KSBSI Sulut akan melakukan aksi Demonstrasi jika Gubernur hanya menetapkan UMP sulut pada angka 2,8 jt.

“Kami dari KSBSI akan turun demo jika Gubernur tetap menetapkan UMP Sulut hanya 2,8 juta rupiah. Dan kalau sudah begitu sebaiknya slogan Sulut Hebat di ganti saja Jika gubernur tidak memperhatikan nasib kaum buruh. Karena keputusan terakhir Ump Sulut 2018 ada di tangan Gubernur Olly Dondokambey” pungkas Sondakh. [Celebesnews]

Penulis: Rurry Lucas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Didemo Ormas Adat, PLN Janji Tak Ada Pemadaman Listrik Selama Natal

Manado, Ratusan orang dari 14 organisasi masyarakat (Ormas) adat Sulawesi Utara yang terga…