Home CAKRAWALA Menkopolhukam: Pemerintah akan Keluarkan Peraturan Tunggal Menyangkut Pengadaan Senjata

Menkopolhukam: Pemerintah akan Keluarkan Peraturan Tunggal Menyangkut Pengadaan Senjata

0
0
1,988

Jakarta,”Nanti akan segera terbit kebijakan tunggal yang komprehensif. Aturan yang aman, jelas dan berlaku untuk semua institusi,” kata Menko Polhukam Wiranto.

CELEBES NEWS – Pemerintah tidak ingin terjadi kegaduhan di antara TNI dan Polri. Karenanya akan segera mengeluarkan aturan tunggal menyangkut pengadaan senjata, sehingga  tidak ada lagi multi tafsir dari berbagai instansi terkait pengadaan senjata.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengemukakan akan segera mengeluarkan aturan tunggal mengenai pengadaan senjata. Hal itu supaya tidak ada lagi multi tafsir dari berbagai instansi terkait engadaan senjata.

“Nanti akan segera terbit kebijakan tunggal yang komprehensif. Aturan yang aman, jelas dan berlaku untuk semua institusi,” kata Wiranto usai kegiatan Coffee Morning dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta di kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jakarta, Jumat (13/10).

Wiranto mengatakan aturan tunggal itu masih dibahas.

“Bersabar saja. Ini kan dibuat lebih utuh supaya tidak ada friksi lagi,” imbuh mantan Panglima TNI itu.

Wiranto mengemukakan, keributan soal senjata yang terjadi beberapa hari lalu karena banyaknya aturan pengadaan senjata. Setiap institusi memiliki aturan dan tafsiran berbeda-beda. Akibatnya, terjadi ketidakharmonisan antarinstansi karena merasa punya pegangan aturan sendiri-sendiri.

Wiranto mengakui, adanya banyak regulasi mengakibatkan perbedaan pendapat yang berkembang di berbagai institusi yang menggunakan senjata api. Karenanya, dilakukan penataan ulang berbagai regulasi tersebut.

Menurut Wiranto, sejak 1948 sampai 2017 terdapat empat Undang-Undang, 1 Perppu, 1 Inpres, 4 Peraturan Menteri, 1 Surat Keputusan mengenai pengadaan senjata. Akibatnya terjadi tumpang-tindih yang menyebabkan berbagai penafsiran.

“Kita tidak ingin terjadi lagi di kemudian hari. Maka aturannya harus diperjelas,” tandasnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Inilah Pemenang Lomba Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Kotim

Sampit, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur (Disdik Kotim)  dan Panitia Lomba Bahas…