Home CAKRAWALA Atasi Kelebihan Kapasitas, Pemerintah akan Bangun Lapas di Pulau-Pulau Kosong

Atasi Kelebihan Kapasitas, Pemerintah akan Bangun Lapas di Pulau-Pulau Kosong

0
0
1,764

Jakarta, Ada 6000 pulau yang tidak berpenghuni yang akan dijadikan Lapas. Jangan sampai Lapas menjadi sekolah kejahatan dengan penumpukan pelaku kejahatan dari koruptor, narkoba, teroris, hingga maling ayam.

CELEBES NEWS – Untuk mengatasi kelebihan kapasitas di lembaga pemasyarakatan (Lapas) membuat Pemerintah serius untuk membangun Lapas dengan menggunakan pulau-pulau kosong yang tidak berpenghuni untuk  dijadikan tempat nara pidana. Diakui pemerintah bahwa Lapas di Indonesia mengalami kelebihan kapasitas yang perlu ditangani dengan baik sehingga tidak menimbulkan gejolak bagi nara pidana.

“Lapas-Lapas sekarang ini kelebihan kapasitas hingga 100, bahkan sampai 200 persen. Kemudian narapidana koruptor, teroris, narkoba dan maling ayam dijadikan satu. Ini sudah tidak bagus,” terang  Menkopolhukam Wiranto, usai kegiatan Coffee Morning dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, Jumat (13/10).

Wiranto menjelaskan, pemerintah sedang berpikir agar ada pemisahan bagi para pelaku kejahatan.  Karenanya itu, kejahatan terorisme, narkoba, dan  koruptor harusn dibedakan. “Pelaku kejahatan kecil seperti maling ayam, pencopet, dan sebagainya dipisahkan dari narapidana teroris. Namun semua ini bergantung pada ketersediaan anggaran Negara,”ujar mantan Panglima TNI itu.

Dia mengatakan ,  jangan  sampai Lapas menjadi sekolah kejahatan gratis karena para kejahatan  dari kelas teri dan kakap ditumpuk menjadi satu. “Apa yang dilakukan seorang teroris bisa dibagikan ke maling ayam,” jelas Wiranto.

Dia mengatakan,  masih ada 6.000 pulau yang tidak berpenghuni, bahkan tidak diberi nama. Hanya 11.000 pulau dari total 17.000 pulau yang sudah dihuni manusia. Dengan jumlah pulau yang tidak berpenghuni itu pemerintah akan membangin Lapas.

Menurut Wiranto, kondisi Lapas-Lapas sekarang juga tidak menunjang untuk narapidana. Pasalnya, keberadaan hampir semua Lapas di tengah-tengah kota. Hal itu tidak memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan.

Dia menuturkan, hampir semua yang ada sekarang dibangun pada zaman Belanda. Misalnya Sukamiskin, Cipinang. “Dulunya itu ada di pinggir kota. Tetapi sekarang kita lihat sudah di tengah kota. Jadi sudah tidak sesuai lagi,” tambah Wiranto.

Wiranto tidak memerinci pulau-pulau mana saja yang sedang diincar pemerintah untuk dijadikan Lapas.  Namun, Wiranto sedang memikirkan pemerintah untuk membangun Lapas baru sehingga dapat mengatasi kelebihan kapasitas. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teganya Anak Kecil Ini Ditinggalkan Pria Tak Dikenal

Jakarta – Saat ini petugas P3S telah membawa anak itu ke Panti Sosial Bina Insan Ban…