Home CAKRAWALA Pengembangan Energi Panas Bumi Demi Pencapaian Tujuan Nasional

Pengembangan Energi Panas Bumi Demi Pencapaian Tujuan Nasional

0
0
2,274

Jakarta, Republik Indonesia yang memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia perlu untuk segera dapat memberdayakan sumber energi tersebut dalam rangka membantu mencapai tujuan nasional termasuk mewujudkan ketahanan energi di Tanah Air.

CELEBES NEWS – “Bagi Indonesia, pengembangan energi.panas bumi mutlak diperlukan jika kita ingin mencapai tujuan nasional untuk ketahanan energi dan menjadi produsen tenaga panas bumi terbesar di dunia,” kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Kamis (12/10/2017).

Sebagaimana diketahui, Agus Hermanto juga telah melakukan kunjungan kerja ke Turki, beberapa waktu lalu, untuk dapat menjalin potensi kerja sama dalam sektor energi panas bumi. Politisi Partai Demokrat itu juga menyatakan, parlemen Indonesia menyambut baik dan mendukung investor asing di bidang energi dan sektor lainnya.

Hal tersebut, lanjutnya, bermanfaat antara lain dalam rangka membantu pembangunan nasional serta alih pengetahuan dan teknologi.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah meluncurkan buku “Potensi Panas Bumi Indonesia” jilid 1 dan 2 di gelaran Pertambangan dan Energi Expo 2017 yang diselenggarakan di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Peluncuran buku ini dilakukan secara simbolis dengan penyerahan buku tersebut dari Menteri ESDM Ignatius Jonan kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Yunus Saefulhak mengatakan, tujuan peluncuran buku tersebut untuk menginformasikan potensi panas bumi kepada para pemangku kepentingan.

“Buku ini digunakan oleh para akademisi untuk melakukan penelitian, selain itu juga menginformasikan kepada investor dan penyedia modal untuk berinvestasi panas bumi di Indonesia,” ujarnya.

Buku tersebut berisi data geosains resume Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) di Indonesia. Cadangan panas bumi sebesar 17,5 GW dan sumber daya sebesar 11,56 GW.

Sedangkan, pemanfaatan panas bumi untuk keperluan pembangkit listrik baru digunakan 1.698,5 MW atau sekitar 9,3 persen dari cadangan yang ada.

Saat ini, lanjut Yunus, terdapat sekitar 70 WKP yang 45 diantaranya sudah terdistribusikan ke badan usaha yang saat ini sudah mempunyai izin dan melakukan eksplorasi.

“Sebanyak 25 sisanya akan dilakukan dengan tender kepada badan usaha dan penugasan kepada BUMN,” kata Yunus. [Celebesnews.id]

Penulis : Antara/Ditto

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Oknum Polisi di Serang Ancam Culik Wartawan

CELEBES NEWS – Oknum Polisi di Kota Serang mengancam akan menculik seorang wartawan …