Home CAKRAWALA MANCANEGARA Pemimpin Catalonia, Deklarasikan Kemerdekaan

Pemimpin Catalonia, Deklarasikan Kemerdekaan

0
0
2,439

Catalonia, Pemimpin garis keras Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan dan memisahkan diri dari Spanyol, tetapi menunda pelaksanaannya untuk melakukan perundingan dengan pemerintah Spanyol.

CELEBES NEWS – Berbicara dihadapan parlemen Catalonia, Presiden Catalonia, Carles Puigdemont mendesak Madrid agar berdialog. Catalonia patut mendapatkan hak untuk merdeka, kata Puigdemont.

Seorang juru bicara untuk Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy mengatakan, “Pemerintah menolak deklarasi sepihakkemerdekaan Catalonia.” Juru bicara itu menambahkan, tidak mungkin bisa diadakan dialog kalau pemimpin-pemimpin Catalonia sudah memutuskan hendak memisahkan diri.

Puidgemont memberitahu anggota-anggota parlemen Catalonia Selasa malam, “Hari ini saya mempergunakan mandat untuk Catalonia menjadi negara merdeka berbentuk Republik.”

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy mengancam akhir minggu lalu untuk membatalkan status semi otonomi kawasan yang kisruh itu, menutup lembaga-lembaga politik Catalonia, dan memberlakukan pemerintahan langsung dari Madrid. [Celebesnews.id]

 

Penulis: Voa/R. Achmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Implementasi Peningkatan Kerja Sama Ekonomi D-8

Istanbul, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melaksanakan pertemuan para pemimpin D-8 yang di…